Search

Menguat 4 Hari Beruntun, IHSG Masih Bergairah Naik Besok - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) melanjutkan reli kenaikannya yang ke-4 dengan kenaikan 13 poin atau +0,23% ke level 5.942 hari ini Kamis (20/2/2020).

Transaksi bursa terlihat lebih ramai dengan menciptakan transaksi Rp 6,89 triliun, lebih besar dari transaksi Rabu (19/2) kemarin sebesar Rp 6,26 triliun. Naiknya volume disertai penguatan menandakan gairah investor pada pasar saham sedang meningkat.

Secara teknikal, IHSG memiliki kecenderungan naik karena mulai bergerak di atas rata-rata harganya dalam 5 hari (Moving Average/MA-5). Indikator teknikal lainnya yakni moving average convergence-divergence (MACD) mulai membentuk persilangan naik (golden cross) pertanda akan tren kenaikan.


Akan tetapi penguatannya diperkirakan tidak akan terlalu besar, hal ini dikarenakan IHSG kembali dibayangi fluktuasi seiring terbentuknya pola flat (doji) pada penutupan hari ini yang tergambar melalui grafik candlestick.
Sumber: Refinitiv (Diolah)

Penguatan IHSG sudah terlihat ketika dibuka dengan reli sebesar 0,21%. Penguatannya semakin bertambah karena sejalan dengan bursa Wall Street yang rata-rata ditutup menguat pada pagi dini hari.

IHSG mampu menyentuh level tertingginya pada level 5.960 (+0,54%) pada pukul 09:35 WIB, setelahnya terjadi penurunan karena pasar sedikit galau menantikan pengumuman suku bunga Bank Indonesia (BI). Per akhir sesi I penguatan IHSG terpangkas hingga tersisa 0,11% di level 5.935.

Memasuki perdagangan sesi II, IHSG kembali melesat setelah BI memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan BI 7 Days RR menjadi 4,75%. 

Gubernur BI mengatakan kebijakan moneter tetap akomodatif dan konsisten dengan prakiraan inflasi yang terkendali, stabilitas eksternal yang aman, serta sebagai langkah pre-emptive untuk menjaga momentum pertumbuhan ekonomi domestik di tengah tertahannya prospek pemulihan ekonomi global sehubungan dengan terjadinya Covid-19.

Tingkat penguatan IHSG sedikit pudar kala memasuki akhir perdagangan dikarenakan tertekan oleh aksi jual yang dilakukan oleh investor asing. Hari ini asing mencatatkan jual bersih (net sell) di pasar reguler senilai Rp 274,46 miliar.

Adapun saham-saham yang dilepas yakni: PT Bank Central Asia Tbk/BBCA (-Rp 348,51 miliar), PT HM Samperna Tbk/HMSP (-Rp 59,17 miliar), PT Bank Negara Indonesia Tbk/BBNI (Rp 43,68 miliar), PT Perusahaan Gas Negara/PGAS (-Rp 40,11 miliar).

TIM RISET CNBC INDONESIA

(yam/yam)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
February 20, 2020 at 07:56PM
https://ift.tt/38L4mDo

Menguat 4 Hari Beruntun, IHSG Masih Bergairah Naik Besok - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Menguat 4 Hari Beruntun, IHSG Masih Bergairah Naik Besok - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.