Search

68 ABK Diamond Princess Tiba di Tanah Air Senin Dini Hari - m.beritasatu.com

Jakarta, Beritasatu.com - Sebanyak 68 anak buah kapal (ABK) kapal pesiar Diamond Princess yang saat ini bersandar di Yokohama, Jepang, akan segera dibawa pulang oleh pemerintah Indonesia. Mereka diperkirakan tiba di Tanah Air, Senin (2/3/2020) dini hari.

Dihubungi Beritasatu.com, Jumat malam, Sesditjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto mengatakan, pesawat yang menjemput 68 WNI ABK Diamond Princess sudah berangkat sejak pukul 06.00 WIB pagi tadi. Setibanya di Jepang mereka harus beristirahat sebelum nanti terbang kembali ke Indonesia.

“Mereka harus istirahat 24 jam. Jadi kita hitung-hitung mereka sampai Jakarta hari Senin tanggal 2 Maret 2020 sekitar jam 00.30 atau jam 01.00 WIB,” kata Yurianto.

Menurut Yurianto, pesawat yang membawa 68 ABK juga kru pesawat dan lima tenaga kesehatan tidak mungkin mendarat di Bandara Soekarno Hatta. Karena di jam 12.30 atau 01.00 WIB bandara tersebut masih ramai. Ada dua bandara alternatif, yaitu Bandara Udara Halim Perdanakusuma atau Bandar Udara Internasional Kertajati di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

“Kami masih diskusikan. Yang pasti pilihannya kita coba kalau bukan Halim Perdamakusuma berarti Kertajati. Lalu lintas tidak terlalu lama, karena penerbangannya tidak banyak,” kata Yurianto.

Setibanya di Tanah Air, para ABK ini akan dijemput dengan bus milik TNI. Mereka dibawa ke Kapal Rumah Sakit dr Soeharso yang sudah menunggu di pangkalan Angkatan Laut.

Setibanya ABK di atas KRS dr Soeharso, sudah ada tim kesehatan yang siap melakukan pemeriksaan kesehatan fisik maupun pengambilan spesimen. Spesimen ABK akan dikirim ke laboratorium Badan Litbangkes Kementerian Kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan untuk memastikan positif atau negatif virus corona atau Covid-19.

Setelah dilakukan pemeriksaan menyeluruh, KRS dr Soeharso membawa ABK tersebut ke Pulau Sebaru Kecil, Kepulauan Seribu untuk selanjutnya menjalani masa observasi atau karantina selama 28.

Dua puluh hari standar observasi yang ditetapkan Badan Kesehatan Dunia (WHO) karena 68 ABK ini datang dari kapal pesiar Diamond Princes yang kini menjadi episentrum baru penularan Covid-19. Disebut episentrum atau pusat penularan baru karena angka kesakitan atau positif di kapal ini mencapai 20 persen dari total orang yang ada di dalamnya.

Dari sekitar 3.700 lebih penumpang dan ABK, yang sudah dinyatakan positif per hari Jumat sudah mencapai 705 orang, 4 di antaranya meninggal. Dari jumlah yang positif itu, 8 di antaranya adalah ABK asal Indonesia. Ada 78 ABK asal Indonesia di kapal itu, dan dari 70 yang masih negatif hanya 68 yang mau dievakuasi sedangkan 2 di antaranya memilih tetap tinggal di kapal.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
February 29, 2020 at 06:24AM
https://ift.tt/2waJCqd

68 ABK Diamond Princess Tiba di Tanah Air Senin Dini Hari - m.beritasatu.com
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "68 ABK Diamond Princess Tiba di Tanah Air Senin Dini Hari - m.beritasatu.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.