Search

Cegah Corona Masuk, Pendatang ke Yogyakarta Harus Isolasi 14 Hari - Katadata.co.id

Pantau Data dan Informasi terbaru Covid-19 di Indonesia pada microsite Katadata ini.

Kebijakan isolasi guna memutus rantai virus corona Covid-19 dilakukan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta terhadap pendatang. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X memerintahkan warga yang datang dari luar untuk karantina mandiri selama 14 hari.

Hal ini merupakan hasil rapat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Yogyakarta di Kompleks Kepatihan, Kota Yogyakarta, Kamis (26/3). Sultan mengatakan berdasarkan isolasi dua pekan, akan ketahuan mana masyarakat yang perlu mendapatkan pemeriksaan kesehatan.

"(Pemeriksaan) tidak dilakukan di jalan, tapi di tempat dia berdomisili," kata Sultan.

(Baca: Pandemi Corona, Kedubes AS Perintahkan Warganya Tinggalkan Indonesia)

Sultan beralasan isolasi harus dilakukan lantaran banyak masyarakat yang malah pulang kampung ke Yogyakarta di tengah darurat bencana corona. Padahal saat ini belum memasuki periode mudik lebaran.

Dia mengatakan selama dua hari belakangan, jumlah masyarakat yang harus dipantau kondisinya bertambah banyak. Ini karena daerah perantauan mereka adalah zona merah Covid-19. “Hari ini lebih dari 1.000 orang perlu kami pantau,” katanya.

Sultan juga mengatakan kedatangan pendatang tak mungkin dicegah lantaran Yogyakarta adalah kampung halaman mereka. Makanya dia memerintahkan bupati dan wali kota turun tangan agar tak ada warga yang menulari Covid-19 ke tetangganya.

Selain itu Pemerintah Provinsi DI Yogyakarta akan mengerahkan lurah hingga polisi untuk mendata pendatang. “Karena penderita yang semakin banyak itu adalah produk impor, tertular setelah keluar dari Yogyakarta,” katanya.

(Baca: Corona Menyebar, Anies Kaji Aturan & Sanksi Warga yang Keluar Jakarta)

Dari data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, hingga Kamis (26/3) jumlah kasus positif corona di Yogyakarta sebanyak 16 orang. Ada dua pasien meninggal dunia dan satu orang lain telah pulih di DIY.

Reporter: Antara

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 26, 2020 at 09:37PM
https://ift.tt/2UD31bY

Cegah Corona Masuk, Pendatang ke Yogyakarta Harus Isolasi 14 Hari - Katadata.co.id
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Cegah Corona Masuk, Pendatang ke Yogyakarta Harus Isolasi 14 Hari - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.