Search

Hari Pertama Isolasi Lokal di Cianjur, Akses Masuk Via Puncak Disekat - Detiknews

Cianjur -

Pemkab Cianjur baru menutup akses masuk dari luar kota melalui jalur puncak pada pelaksanaan isolasi lokal hari pertama. Rombongan pemudik asal Jakarta pun dihentikan dan diperiksa kesehatannya.

Berdasarkan pantauan detik.com, penyekatan arus kendaraan dari luar kota melalui jalur puncak baru dilaksanakan sekitar pukul 11.00 WIB, dari yang awalnya akan dilaksanakan sejak pagi hari. Selain itu dari lima akses masuk, termasuk dari Sukabumi, Bandung, dan Bogor pun belum dilaksanakan.

Plt Bupati Cianjur, Herman Suherman, mengaku untuk hari pertama pelaksanaan memang belum optimal, dan masih dalam tahap ujicoba. Nantinya akan dievaluasi untuk dimaksimalkan di hari berikutnya.

"Masih ujicoba, dan dilakukan di puncak dulu untuk menyekat kendaraan dari Jakarta yang masuk zona merah. Selebihnya akan diterapkan atas hasil evaluasi malam ini, dibahas bersama Forkopimda," ungkap Herman kepada detik.com, Senin (30/3/2020).

Menurut Herman meski dalam tahap ujicoba, puluhan kendaraan dari Jakarta berhasil disetop. Mereka pun diarahkan untuk kembali ke daerahnya.

"Ada puluhan tadi yang disuruh putar arah, kebanyakan mereka ke Cianjur untuk menginap di villa. Sedangkan statusnya sudah zona merah, jangan sampai mereka membuat risiko besar ke Cianjur membawa wabah Corona," tuturnya.

Selain itu, bus yang mengangkut pemudik dari Jakarta juga berhasil diberhentikan. Sebanyak 50 penumpang yang hendak pulang kampung ke sejumlah kecamatan di Cianjur selatan pun diperiksa kesehatannya.

"Dari hasil pemeriksaan mereka tak menunjukkan gejala, tapi akan tetap kami isolasi mandiri di kecamatannya masing-masing. Nanti dari puskesmas dan kecamatan akan memantau kondisi kesehatannya secara berkala selama 14 hari," tuturnya.

Sementara itu, Usman (42) salah seorang pengendara asal Bandung, mengharapkan ada kejelasan dari pemerintah daerah terkait penerapan isolasi lokal, apalagi dirinya setiap hari melintas Bandung-Cianjur untuk melakukan pengiriman barang ke toko di Kabupaten Cianjur.

"Tadi juga sempat khawatir, apakah masih bisa melintas atau tidak. Ternyata belum ada penyekatan dari arah Bandung. Saya harap kalau mau dilaksanakan juga ada kejelasan, semua tidak boleh atau ada pengecualian untuk kendaraan angkut barang," tuturnya.

(mud/mud)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 30, 2020 at 09:45PM
https://ift.tt/2WXbf1k

Hari Pertama Isolasi Lokal di Cianjur, Akses Masuk Via Puncak Disekat - Detiknews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Pertama Isolasi Lokal di Cianjur, Akses Masuk Via Puncak Disekat - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.