Search

Hari Ini, Jakarta Tanpa Bayangan - Suara.com

Suara.com - Hari ini, Rabu (4/3/2020), Jakarta dan wilayah Serang, Banten akan mengalami kulminasi utama atau yang lebih dikenal dengan sebutan hari tanpa bayangan.

Dikutip dari laman resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG), kulminasi atau transit atau istiwa' adalah fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Saat deklinasi Matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai Kulminasi Utama. Pada saat itu, Matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.

Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang", karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan.

Meski harinya sama, namun waktu dan durasi hari tanpa bayangan di setiap wilayah yang dilaluinya berbeda-beda.

Kulminasi Utama atau Hari Tanpa Bayangan. [BMKG]
Kulminasi Utama atau Hari Tanpa Bayangan. [BMKG]

Pada 4 Maret 2020, BMKG menyebut bahwa hari tanpa bayangan akan berlangsung di Jakarta pada pukul 12.04 WIB dan di Serang, Banten pada pukul 12.07 WIB.

Sebelumnya, fenomena serupa juga pernah terjadi di beberapa kota lainnya, seperti Kupang, Mataram, Denpasar, Yogyakarta, Semarang, dan Bandung pada periode 23 Februari - 2 Maret 2020.

Sedangkan setelah Jakarta dan Serang, kulminasi utama atau hari tanpa bayangan akan bergeser ke arah barat, tepatnya menuju Pulau Sumatera dan sebagian wilayah Kalimantan.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 04, 2020 at 07:20AM
https://ift.tt/2wnYXDY

Hari Ini, Jakarta Tanpa Bayangan - Suara.com
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Ini, Jakarta Tanpa Bayangan - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.