Search

KPK Perpanjang Penahanan Wahyu Setiawan 40 Hari - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan perpanjangan penahanan selama 30 hari ke depan untuk dua tersangka dalam kasus dugaan suap Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPR 2019-2024.

Keduanya adalah eks Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Wahyu Setiawan dan eks anggota Bawaslu Agustiani Fridelina.

"Hari ini tadi penyidik KPK kembali memperpanjang penahanan perkara dugaan suap PAW KPU, khususnya untuk penerima yaitu tersangka WSE dan Ibu ATF," terang Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Penindakan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Kamis (5/3).


"Penahanan selama 30 hari berdasarkan penetepan dari Ketua Pengdilan Tipikor Jakpus, dan ditempatkan di masing-masing Rutan Guntur dan di Rutan K4," tambah Ali.
Sebelumnya, KPK telah melakukan hal serupa dengan memperpanjang masa tahanan Wahyu, Agustiani dan Saeful selama 40 hari terhitung mulai tanggal 29 Januari sampai 8 Maret dalam rangka untuk merampungkan berkas penyidikan para tersangka.

Salah satu pengacara Wahyu, Zaenuri Makhrodji menilai daripada melakukan penahanan terhadap kliennya, lebih baik KPK giat mencari keberadaan Harun Masiku.

"Harusnya KPK fokus saja mencari Harun Masikuu dari pada memperpanjang penahanan Wahyu Setiawan," ujar Zaenuri.


[Gambas:Video CNN]

Sementara itu, Sore tadi Wahyu Setiawan terlihat menggunakan rompi oranye saat keluar dari gedung KPK. Wahyu mengaku selain penetapan perpanjangan penahanan oleh KPK, ia juga melakukan serangkakan pemeriksaan kesehatan.

"Alhamdulillah saya sehat jasmani dan rohani, jadi hari ini hanya kesehatan sama perpanjangan penahanan," ungkap Wahyu.

Wahyu Setiawan terseret sebagai tersangka penerima suap dengan nominal Rp900 juta dari eks Caleg PDIP Harun Masiku. Disebut, Hatun menyuap Wahyu untuk memuluskan langkahnya menjadi anggota legislatif menggantikan kader lain dari PDIP, Nazarudin Kiemas, yang meninggal dunia.

Selain Wahyu dan Harun, KPK telah menetapkan dua tersangka lain yaitu,eks anggota Bawaslu, Agustiani Fridelina dan pihak swasta, Saeful. Namun hingga kini KPK masih belum bisa mengendus keberadaan Harun Masiku. (khr/ain)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 06, 2020 at 12:31AM
https://ift.tt/2Tt3uya

KPK Perpanjang Penahanan Wahyu Setiawan 40 Hari - CNN Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "KPK Perpanjang Penahanan Wahyu Setiawan 40 Hari - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.