Search

Pengunjung Bebas Visa 30 Hari Dilarang Masuk Singapura Mulai Besok - detikNews

Jakarta -

Singapura merilis kebijakan lintas batas tambahan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona (COVID-19). Singapura melarang pengunjung yang menggunakan bebas visa 30 hari (short-term) masuk ke negara mereka.

"Mulai 23 Maret pukul 23.58 waktu Singapura, seluruh pengunjung short-term (bebas visa 30 hari) tidak diizinkan untuk masuk atau transit di Singapura," demikian keterangan tertulis Kedutaan Besar RI untuk Singapura yang diterima detikcom, Minggu (22/3/2020).

Namun Singapura tetap mengizinkan masuk mereka yang memegang izin kerja. Termasuk mereka yang memegang surat jaminan (dependent pass).

"Kementerian Tenaga Kerja Singapura akan mengizinkan masuk/kembalinya pemegang izin kerja (work pass) dan pemegang dependent pass bagi individu yang menyediakan layanan publik esensial, seperti bidang kesehatan dan transportasi," begitu petikan keterangan tertulis Kedubes RI untuk Singapura.

Sebelumnya, Singapura memberlakukan sejumlah aturan untuk memperketat turis asing yang akan masuk ke negaranya. Bagi yang melanggar akan kena hukuman, mulai dari denda sampai penjara.

Dilihat detikcom dari Instagram @safetravel.kemlu, setiap orang dari negara ASEAN (termasuk Indonesia), Jepang, Swiss, dan Britania Raya akan dikenai karantina wajib di kediaman masing-masing selama 14 hari (stay home notice/SHN). Karena itu, setiap orang harus mampu menunjukkan bukti tempat tinggal selama mereka melaksanakan SHN.

Apabila wisatawan tidak mematuhi SHN selama berada di Singapura sesuai dengan Infectious Disease Act Singapura, mereka dapat dikenai hukuman. Hukuman ini bervariasi, mulai denda sampai SGD 10 ribu (Rp 106 juta) atau penjara sampai 6 bulan.

(zak/zak)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 22, 2020 at 02:14PM
https://ift.tt/2QCimbH

Pengunjung Bebas Visa 30 Hari Dilarang Masuk Singapura Mulai Besok - detikNews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pengunjung Bebas Visa 30 Hari Dilarang Masuk Singapura Mulai Besok - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.