Search

Keluar-Masuk Asing Jadi Penentu Arah IHSG Hari Ini - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan hari ini masih dihantui dengan potensi krisis ekonomi yang disebabkan oleh virus corona (COVID-19). Pasar saham dalam negeri hari ini berpotensi akan bergerak mixed dengan kecenderungan melemah.

Pilarmas Investindo Sekuritas menyebutkan sentimen masih datang dari corona. IMF mengatakan bahwa wabah virus corona telah menciptakan krisis ekonomi dalam bentuk yang berbeda, sehingga tidak seperti krisis krisis sebelumnya apabila kita bandingkan dengan krisis keuangan global 2008 silam.

Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva mengatakan ekonomi Negara berkembang merupakan yang paling terpukul oleh wabah virus corona tersebut, dan seringkali memiliki sedikit sumber daya untuk melindungi diri dari kejatuhan ekonomi, karena banyak di Negara tersebut yang sistem kesehatannya masih belum memadai.


Sejauh ini sudah hampir US$ 90 miliar capital inflow telah pergi dari Negara berkembang selama wabah terjadi.

Sementara itu, menurut Reliance Sekuritas Indonesia, investor masih akan terfokus pada prospek perkembangan dunia melawan krisis kesehatan dan langkah apa lagi yang dikeluarkan para pembuat kebijakan. Dari dalam negeri data indeks keyakinan konsumen di bulan Maret akan rilis menjadi tolak ukur konsumen di bulan mulainya wabah pandemi menyebar.

Dari segi teknikal, IHSG akan menguji resistance MA20 dengan iringan momentum indikator RSI yang bergerak positif meskipun indikator Stochastic menjenuh dengan cenderung memberikan sinyal negatif.

Sehingga sekuritas ini memperkirakan HSG akan bergerak kembali berfluktuatif dengan potensi penguatan bertahan tutup diatas 4.650.

[Gambas:Video CNBC]

Panin Sekuritas menyebutkan penguatan indeks akhir pekan lalu nampak "dipaksakan" menembus resistance MA20, yakni dengan terjadinya gap up pada penutupan perdagangan.

Secara teknikal menjadi bagus, namun konsentrasi masih pada keluarnya dana asing yang seolah tidak mendukung kenaikan IHSG. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), di pasar saham asing membukukan net sell Rp 10,78 triliun secara year to date hingga akhir pekan lalu.

Oleh karena itu, sekuritas ini menyarankan untuk melakukan trading jangka pendek sampai kondisi pasar memberi kepastian. Pasar masih dibayangi sentimen eksternal dan perkembangan corona.

Indeks yang diperkirakan akan bergerak mixed cenderung melemah ini diprediksi akan bergerak di kisaran support 4.400 dan resisten di 4.760. (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
April 06, 2020 at 08:36AM
https://ift.tt/2XbFdPf

Keluar-Masuk Asing Jadi Penentu Arah IHSG Hari Ini - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Keluar-Masuk Asing Jadi Penentu Arah IHSG Hari Ini - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.