Search

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Makassar 30 April 2020 dan Tips Berbuka Hemat - Suara.com

Suara.com - Jadwal buka puasa hari ini. Jadwal buka puasa Makassar, Kamis 30 April 2020 Magrib pukul 18:01 WITA.

Bulan Ramadan menjadi tantangan tersendiri bagi sebagian orang dalam mengatur keuangan. Pengeluaran untuk membeli makanan berbuka atau takjil setiap hari membuat sebagian dari mereka menjagi boros.

Tapi, sebenarnya juga ada cara agar lebih hemat dalam mengeluarkan uang selama berpuasa di bulan Ramadan. Ahli gizi Dr dr Tan Shot Yen, MHum menyarankan untuk mengurangi pembelian takjil di luar dan mulai membiasakan buka puasa sederhana.

Puasa sederhana yang dimaksud adalah sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW, yakni dengan segelas air dan tiga biji kurma.nMengurangi membeli takjil di luar bisa mengalihkan biayanya untuk digunakan belanja sehari-hari, yang tentunya akan lebih murah dan selain ramah di kantong, juga sehat.

"Membatalkan puasa yang paling penting adalah adalah rehidrasi. Rehidrasi yang utama dengan air putih, bukan kolak, es teh manis, cendol," katanya dalam Live IG bersama Kemenkes RI, Rabu (29/4/2020) kemarin.

"Takjilnya Nabi aja cuma menganjurkan tiga biji kurma. Orang Indonesia, udah makan kurmanya iya, masih ditambah yang namanya es pisang ijo, kolak, bakwan, itu namanya bukan takjil," sambungnya.

Akhirnya setelah salat Magrib, tubuh justru tidak bisa makan. dr Tan selalu mengingatkan bahwa takjil ini membuat kita terjebak dengan penambahan gula, garam, dan lemak yang tidak menentu.

Saat kita berbuka dengan cara sederhana, jusru kita bisa menyiapkan tubuh untuk meakan dengan benar sesuai anjuran isi piringku yang lengkap.

Makan juga tidak boleh langsung yang berat, namun membagi waktu makan lebih penting. Selain itu, membagi waktu makan juga bisa memudahkan untuk minum secara teratur.

"Kita puasa 13 jam, terus tiba-tiba dikasihi makan banyak. Itulah mengapa Anda mengalami sakit perut. Kalau makan kebanyakan muntah," kata dr Tan.

Makan yang berlebihan juga membuat kita tidak ada ruang untuk minum air atau rehidrasi sesuai anjuran yakni 8 gelas per hari. Padahal, rehidrasi sama pentingnya seperti makan.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
April 30, 2020 at 02:32PM
https://ift.tt/2VMqSHY

Jadwal Buka Puasa Hari Ini Makassar 30 April 2020 dan Tips Berbuka Hemat - Suara.com
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jadwal Buka Puasa Hari Ini Makassar 30 April 2020 dan Tips Berbuka Hemat - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.