Search

Jadwal Imsakiah Hari Sabtu 25 April 2020 di Kota Besar Indonesia - Liputan6.com

Liputan6.com, Jakarta Jadwal Imsakiah hari Sabtu 25 April 2020 penting untuk diketahui. imsakiah atau imsak merupakan waktu di mana umat muslim berhenti makan sahur dan memulai berpuasa. Biasanya waktu imsak ditetapkan sepuluh menit sebelum waktu subuh tiba.

Dengan mengetahui jadwal imsakiah hari Sabtu 25 April 2020, waktu imsak tak akan terlewat. Jadwal imsakiah setiap harinya bisa berubah sesuai dengan pergerakan matahari. Ini membuat jadwal imsakiah harus terus dipantau. Jadwal imsakiah hari Sabtu 25 April 2020 di tiap kota juga bisa berbeda, jadi pastikan untuk mengetahui waktu imsak sesuai dengan daerah tempat tinggal.

Dengan mengetahui jadwal imsakiah hari Sabtu 25 April 2020 secara tepat, Anda dapat makan sahur dengan tepat waktu pula. Makan sahur merupakan sunah yang sangat dianjurkan saat berpuasa. Dengan makan sahur, tubuh memiliki energi untuk berpuasa dan menjalani aktivitas sehari-hari seperti biasa.

Berikut jadwal imsakiah hari Sabtu 25 April 2020 serta pentingnya makan sahur, dirangkum Liputan6.com dari Kementerian Agama, Sabtu (25/4/2020).

2 dari 4 halaman

Keutamaan Makan Sahur

Dilansir dari NU Online, Rasulullah SAW menganjurkan mereka yang akan berpuasa pada siang hari untuk menyantap hidangan di waktu sahur. Rasulullah SAW mengatakan bahwa santapan hidangan sahur itu penuh berkah sebagai keterangan hadits berikut ini:

وعن أبي سعيد الخدري رضي الله عنه قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم السحور كله بركة فلا تدعوه ولو أن يجرع أحدكم جرعة من ماء فإن الله عز و جل وملائكته يصلون على المتسحرين

Artinya, “Dari Abu Sa’id Al-Khudri RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘Sahur sepenuhnya mengandung berkah. Maka itu, jangan kalian meninggalkannya meskipun kalian hanya meminum seteguk air karena Allah dan malaikat bershalawat untuk mereka yang bersahur,’” (HR Ahmad).

Anjuran makan sahur ini begitu kuat. Oleh karena itu, kesempatan makan di waktu sahur sedapat mungkin tidak dilewatkan. Bahkan Rasulullah SAW menganjurkan sahur meski hanya dengan seteguk air mengingat keberkahan Allah yang luar biasa saat itu.

وعن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما قال قال رسول الله صلى الله عليه و سلم تسحروا ولو بجرعة من ماء رواه ابن حبان في صحيحه

Artinya, “Dari Abdullah bin Umar RA, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, ‘’ Hendaklah kalian bersahur meskipun hanya seteguk air,” (HR Ibnu Hibban).

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam juga pernah bersabda:

تَسَحَّرُوا فَإِنَّ فِي السَّحُورِ بَرَكَةً

“Bersantap sahurlah kalian, karena dalam sahur itu ada keberkahan,” (HR al-Bukhari).

Aktivitas sahur dapat berupa menyantap sesuatu walaupun hanya seteguk air. Waktu sahur yang disunnakan adalah selepas tengah malam. Utamanya, ia diakhirkan selama tidak sampai masuk waktu yang diragukan: apakah masih malam atau sudah terbit fajar. Dalam hadis lain, Rasulullah menandaskan:

لَا تَزَالُ أُمَّتِي بِخَيْرٍ مَا أَخَّرُوا السَّحُورَ وَعَجَّلُوا الْفِطْرَ

Artinya, “Umatku senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka mengakhirkan sahur dan menyegerakan berbuka,” (HR Ahmad).

3 dari 4 halaman

Jadwal Imsakiah hari Sabtu 25 April 2020 di Beberapa Kota Besar

Berikut jadwal Imsakiah hari Sabtu 25 April 2020 di beberapa kota besar di Indonesia dilansir dari laman Kementerian Agama RI:

Jakarta: 04.27 WIB

Bandung: 04.25 WIB

Surabaya: 04.25 WIB

Jogja: 04.14 WIB

Banda Aceh: 05.01 WIB

Medan: 04.50 WIB

Padang: 04.48 WIB

Pekanbaru: 04.42 WIB

Palembang: 04.32 WIB

Semarang: 04.13 WIB

Malang: 04.05 WIB

Pontianak: 04.11 WIB

Banjarmasin: 04.53 WITA

Denpasar: 04.55 WITA

Makassar: 04.35 WITA

Palu: 04.30 WITA

Kupang: 04.23 WIT

Ambon: 04.59 WIT

Jayapura: 04.08 WIT

4 dari 4 halaman

Niat puasa Ramadan

Berpuasa di bulan Ramadan merupakan salah satu rukun islam yang wajib dilakukan oleh setiap umat muslim. Kewajiban berpuasa di bulan Ramadan ini tentunya membuat kamu harus serius dalam menjalankannya. Bagi kamu yang mungkin sudah lupa atau untuk anak anak yang baru mulai puasa pada tahun ini, bisa melihat niat puasa di bawah ini.

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala.

Artinya: “Aku niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan ramadan karena Allah Ta’ala.”

Pentingnya niat puasa Ramadan bahkan bisa membuat puasa kamu tidak sah bila tidak berniat dari dalam hati. Kamu tidak harus mengucapkannya, berniat di dalam hati saja sudah cukup. Niat merupakan doa puasa Ramadan yang harus kamu lakukan sebelum besoknya melakukan ibadah puasa. Kamu bisa berniat malam ketika selesai salat tarawih maupun ketika selesai sahur sebelum imsak. Jadi kamu wajib menghafalkan niat berpuasa yang merupakan salah satu doa puasa Ramadan ini.

Dengan mengenal doa doa yang harus diketahui selama bulan Ramadan ini, kamu bisa melakukan ibadah puasa dengan lebih khusyuk dan baik. Semoga amal ibadah kita di bulan Ramadan diterima oleh Allah SWT.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
April 25, 2020 at 12:00AM
https://ift.tt/350H9Ms

Jadwal Imsakiah Hari Sabtu 25 April 2020 di Kota Besar Indonesia - Liputan6.com
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jadwal Imsakiah Hari Sabtu 25 April 2020 di Kota Besar Indonesia - Liputan6.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.