Search

IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah - Investor Daily

JAKARTA, Investor.id – Sejumlah perusahaan sekuritas memperkirkan indeks harga saham gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada perdagangan hari ini (Selasa, 24/3) melemah. Pemicunya tiada lain sentimen Virus Korona (Covid-19) yang penyebarannya semakin masif di dalam negeri.

PT Panin Sekuritas (Tbk) memperkirakan IHSG bergerak pada kisaran 3.800 sampai 4.100. “Sentimen penggerak pasar masih seputar berkembangnya jumlah penderita Virus Korona (Covid-19) di Indonesia,” kata analis Panin Sekuritas kepada Investor Daily di Jakarta, Senin (23/3) malam.

Menurut analis Panin Sekuritas, IHSG kini seolah menetapkan diri untuk berada di bawah level 4.000. “Masih ada tersisa support pada level 3.918,” kata analis Panin Sekuritas.

Di sisi lain, PT Victoria Sekuritas juga memprediksi IHSG pada perdagangan hari ini bergerak dalam rentang 3.908-4.101, dengan kecenderungan melemah.

Kekhawatiran pelaku pasar akan resesi ekonomi global akibat Covid-19 memicu pelemahan mayoritas bursa Asia pada perdagangan awal pekan (Senin, 23/3), termasuk bursa saham domestik. “Sentimen negatif lainnya adalah berlanjutnya pelemahan nilai tukar rupiah ke level Rp 16.608 per dolar AS,” tutur analis Victoria Sekuritas.

PT Phintraco Sekuritas juga memperkirakan IHSG pada perdagangan hari ini melanjutkan pelemahan, setelah menembus level psikologis 4.000 pada perdagangan Senin (23/3).

Menurut analis Phintraco Sekuritas, IHSG bakal menguji level support baru 3.880-3.900. Pergerakan nilai tukar rupiah dapat menjadi penentu pergerakan IHSG. Kemarin, nilai tukar rupiah melemah 4,46% ke level Rp 16.630 per dolar AS.

“Pelemahan rupiah mengindikasikan masih berlanjutnya kecenderungan sell-off pada instrumen-instrumen investasi, tidak hanya saham dan turunannya,” papar analis Phintraco Sekuritas.

Aksi jual dipicu oleh kekhawatiran investor terhadap dampak negatif wabah Covid-19 terhadap ekonomi global. “Soalnya, peningkatan kasus di AS dan sejumlah negara Eropa cukup signifikan, terutama dalam sepekan terakhir,” ucap analis Victoria Sekuritas.

Tekanan Belum Berakhir

Sementara itu, Indosurya Bersinar Sekuritas memprediksi IHSG pada perdagangan hari ini bergerak pada kisaran 3.773-4.194. Seperti perusahaan sekuritas lainnya, Indosurya juga memperkirakan indeks hari ini masih tertekan.

“Potensi tekanan dalam pergerakan IHSG masih berakhir. Ini dipengaruhi sentimen pasar global dan regional, serta fluktuasi harga komoditas dan nilai tukar rupiah,” ujar analis Indosurya Sekuritas.

Meskipun demikian, menurut analis Indosurya, momentum koreksi wajar masih dapat dimanfaatkan investor untuk melakukan akumulasi beli dengan target jangka menengah hingga panjang.

Sumber : Investor Daily

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 24, 2020 at 05:30AM
https://ift.tt/33EvMJv

IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah - Investor Daily
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "IHSG Hari Ini Berpotensi Melemah - Investor Daily"

Post a Comment

Powered by Blogger.