Search

Siang Ini Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Jakarta - detikNews

Jakarta -

DKI Jakarta hari ini akan mengalami hari tanpa bayangan. Fenomena ini akan terjadi pada pukul 12.04 WIB.

Dikutip dari laman resmi BMKG, Rabu (4/3/2020), fenomena ini dinamakan kulminasi. Kulminasi atau transit atau istiwa adalah fenomena ketika matahari tepat berada di posisi paling tinggi di langit.

Saat deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat, fenomenanya disebut sebagai kulminasi utama. Pada saat itu, matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau di titik zenit.

"Akibatnya, bayangan benda tegak akan terlihat "menghilang", karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itu, hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan," sebut keterangan BMKG.

Karena posisi Indonesia yang berada di sekitar ekuator, kulminasi utama di wilayah Indonesia akan terjadi dua kali dalam setahun dan waktunya tidak jauh dari saat Matahari berada di khatulistiwa.

Di kota-kota lain, kulminasi utama terjadi saat deklinasi Matahari sama dengan lintang kota tersebut. Khusus untuk kota Jakarta, fenomena ini terjadi pada 4 Maret 2020, yang kulminasi utamanya terjadi pada pukul 12.04 WIB, dan pada 8 Oktober 2020, yang kulminasi utamanya terjadi pada pukul 11.40 WIB.

Secara umum, kulminasi utama tahun 2020 di Indonesia terjadi antara 21 Februari 2020 di Baa, Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2020 di Sabang, Aceh dan 6 September 2020 di Sabang, Aceh sampai dengan 21 Oktober 2020 di Baa, Nusa TenggaraTimur.

Tonton juga Cuaca Ekstrem 'Hantui' DKI, Kadis SDA: Kita Siaga 24 Jam :

[Gambas:Video 20detik]

(zlf/asp)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 04, 2020 at 09:53AM
https://ift.tt/38hA2iN

Siang Ini Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Jakarta - detikNews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Siang Ini Hari Tanpa Bayangan Terjadi di Jakarta - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.