Search

The Fed Bikin Kejutan, Harga Emas Hari Ini Menuju Rekor Lagi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini harga emas global bergerak naik setelah kemarin ditutup menguat signifikan kemarin ketika bank sentral Amerika Serikat, The Federal Reserves/The Fed secara tiba-tiba memangkas suku bunga acuan.

Pada perdagangan Rabu (4/3/2020), harga emas dunia di pasar spot masih melanjutkan penguatan dengan apresiasi 0,29% ke level US$ 1.644,25/troy ons. Kemarin harga emas spot melesat 3% dalam sehari merespons pemangkasan suku bunga oleh bank sentral AS.

Pasar keuangan dikejutkan oleh langkah The Fed yang memangkas suku bunga The Federal Fund Rates secara tiba-tiba. Tak tanggung-tanggung, Federal Fund Rates dipangkas sampai 50 bps.


Jarang sekali The Fed memangkas suku bunga seagresif ini, kecuali pada 2008 lalu saat terjadi krisis ekonomi di AS akibat krisis subprime mortgage.

The Fed memang membuat kejutan karena mengumumkan kebijakan moneter jauh-jauh hari sebelum yang sudah dijadwalkan. The Fed dijadwalkan akan mengumumkan kebijakan moneternya pada pertengahan Maret nanti.

Sebenarnya secara substansi pelonggaran kebijakan moneter The Fed ini sudah diantisipasi oleh pasar. Hal ini tercermin dari probabilitas The Fed akan memangkas suku bunga sebesar 50 bps ke 1% - 1,25% yang berada di angka 100% berdasarkan piranti FedWatch milik CME Group.

Ekonom bank investasi global yakni Goldman Sachs juga telah memperkirakan The Fed akan memotong suku bunga acuan 50 bps ke 1% - 1,25% di bulan ini seperti yang diwartakan CNBC International.


Penyebab pemangkasan Federal Fund Rates ini tak lain dan tak bukan adalah untuk meredam dampak yang ditimbulkan oleh wabah virus corona yang sudah dua bulan ini menginfeksi dunia.

"Fundamental ekonomi AS tetap kuat. Namun virus corona menciptakan risiko bagi aktivitas ekonomi. Adanya risiko ini disertai dengan tujuan untuk menciptakan lapangan kerja yang maksimal serta menjaga stabilitas harga, Federal Open Market Committee memutuskan untuk menurunkan Federal Fund Rates sebesar 0,5 poin persentase menjadi 1% - 1,2%" sebut keterangan tertulis The Fed.

[Gambas:Video CNBC]

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 04, 2020 at 10:05AM
https://ift.tt/38krjfy

The Fed Bikin Kejutan, Harga Emas Hari Ini Menuju Rekor Lagi - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "The Fed Bikin Kejutan, Harga Emas Hari Ini Menuju Rekor Lagi - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.