Search

WNI Positif Corona Batuk 10 Hari Tak Sembuh-Sembuh - detikNews

Jakarta -

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto, mengatakan warga Depok yang positif virus Corona awalnya mengalami gejala batuk yang tak kunjung sembuh selama 10 hari. Perempuan tersebut awalnya menjalani rawat jalan.

"Tanggal 16 si wanita ini merasa tidak nyaman, batuk-batuk. Sehingga dia berobat ke rawat jalan," kata Terawan di RS Mitra Keluarga, Jalan Margonda Raya, Depok, Jawa Barat, Senin, (2/3/2020).

"Dirawat jalan kemudian dia selama sampai tanggal 26 kok tetap batuknya nggak hilang? Biasa kalau kita sakit batuk kadang-kadang lama. Dari tanggal 16-26 berarti 10 hari ya. 10 hari batuknya nggak sembuh-sembuh," sambungnya.

Terawan menyebut sejak gejala tersebut, pasien tersebut meminta untuk dilakukan pemeriksaan secara ketat. Maka, kata Terawan, WNI tersebut dilakukan pemeriksaan dengan ketat.

"Maka dia minta dievaluasi lebih ketat. Kemudian karena dia cerita ada kontak dengan orang Jepang dan sebagainya karena itu dia dilakukan sebagai orang dalam pengawasan maupun pasien dalam pengamatan. Karena pasien dalam pengamatan, maka perlakuannya adalah sama dengan dugaan infeksi. Karena itu mereka melakukan dengan ketat juga," katanya.

Dua hari berselang, perempuan tersebut mendapatkan kabar dari WN Jepang yang sempat berinteraksi dengannya di sebuah tempat dansa yang terletak di kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Pemeriksaan tenggorokan (swab) pun dilakukan hingga akhirnya pasien tersebut dikonfirmasi terinfeksi Corona.

"Kemudian tanggal 28 mendekati 29 ditelepon oleh temennya Jepang tadi, mengatakan bahwa dia dinyatakan positif Corona di Malaysia. Sehingga karena diceritain itulah maka dipindah kan ke RS Sulianti Saroso. Di sana dilakukan pemerikasaan swab dan sebagainya, hasilnya tadi pagi dinyatakan positif. Kemudian langsung diumumkan oleh Bapak Presiden," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, Menkes Terawan Agus Putranto menjelaskan kronologi 2 WNI terkena virus Corona dari WN Jepang. Terawan juga meminta masyarakat untuk tidak cemas berlebihan. Masyarakat diminta untuk menjaga kesehatan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

"Karena itu nomor satu, cara menjaga imunitas tubuh kira," tuturnya.

(jbr/jbr)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
March 02, 2020 at 10:18PM
https://ift.tt/2TsaBpc

WNI Positif Corona Batuk 10 Hari Tak Sembuh-Sembuh - detikNews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "WNI Positif Corona Batuk 10 Hari Tak Sembuh-Sembuh - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.