Search

Melesat Hari Ini, IHSG Beri Sinyal Akan Terbang Lebih Tinggi - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berhasil melesat 83 poin atau 1,37% ke level 6.230, pada Kamis (26/9/2019), melanjutkan penguatan yang sudah terbentuk kemarin.

Secara teknikal, peluang IHSG kembali menguat pada penghujung pekan sangat terbuka lebar. Pola lilin putih (white marubozu) diikuti dengan lesatan kenaikan (gap up) di awal perdagangan, dan berakhir dengan level tertinggi hariannya memperkuat indikasi pergerakan esok hari.

Potensi tersebut diperkuat indikator teknikal Relative Strength Index (RSI), yang mengarah naik pertanda IHSG sedang bullish. Indikator tersebut juga memberi sinyal bahwa IHSG belum menyentuh titik jenuh belinya (overbought), sehingga potensi penguatan cukup terbuka.

Sumber: Tim Riset CNBC Indonesia, Refinitiv

Penguatan IHSG sebenarnya sudah terbaca kala dibuka langsung menguat sebesar 0,36%, terimbas aksi beli investor yang melihat situasi keamanan dalam negeri sudah mereda akibat aksi demo beberapa hari ini. Penguatan tersebut semakin bertambah hingga sesi I ditutup dengan penguatan 0,71% ke level 6.189.

Baca: Beri Sinyal Positif, IHSG Siap Melesat Hari Ini

Pada sesi II, pelan tapi pasti IHSG semakin melesat akibat dorongan investor lokal yang mengoleksi saham-saham blue chip yang sudah terkoreksi cukup dalam sejak awal pekan. Penguatannya semakin bertambah hingga IHSG pada penghujung perdagangan tutup di level tertinggi karena investor asing mencatatkan beli bersih (net buy).

Hal ini tentunya menjadi sesuatu yang menyegarkan bagi para pelaku pasar mengingat asing dalam 10 hari lebih melakukan net sell. Hari ini asing mencatatkan beli bersih Rp 218 miliar, berbanding terbalik dengan jual bersih kemarin yang mencapai Rp 565 miliar di pasar reguler.

Hal ini tidak lepas dari kondisi global, khususnya dari kabar seputar perang dagang yang tensinya semakin berkurang. Berbicara dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Trump mengatakan bahwa kesepakatan dagang AS-China bisa datang lebih cepat, "dari yang Anda kira".

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi investor global, terutama bursa saham Asia yang rata-rata tutup di zona hijau. Beberapa indeks saham di bursa utama kawasan Asia berakhir di zona hijau, di antaranya: Nikkei menguat 0,13%, indeks indeks Hang Seng terkerek 0,37%, dan indeks Kospi bertambah 0,05%.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(yam/yam)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
September 26, 2019 at 06:21PM
https://ift.tt/2mUb0UV

Melesat Hari Ini, IHSG Beri Sinyal Akan Terbang Lebih Tinggi - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Melesat Hari Ini, IHSG Beri Sinyal Akan Terbang Lebih Tinggi - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.