Search

Pilkades Serentak di Sragen, Nasib 465 Cakades Ditentukan Hari Ini - Detiknews

Sragen - Sebanyak 465 calon kepala desa (cakades) akan bersaing memperebutkan suara warga dalam gelaran pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Kabupaten Sragen, yang digelar hari ini (26/9/2019). Ratusan cakades tersebut akan berebut jabatan pimpinan di 167 desa yang tersebar di 20 kecamatan di Sragen.

"Total ada 465 calon kepala desa yang akan ikut pilkades. Kalau jumlah pendaftar awalnya ada 485 orang, beberapa dinyatakan tidak lolos seleksi, ada juga yang mengundurkan diri sebelum penetapan (cakades)," ujar Kabag Pemerintahan Desa Setda Sragen, Hiladawati Aziroh, Kamis (26/9/2019).

Tahapan seleksi, lanjut Hildawati, hanya diadakan di 5 desa yang kebetulan memiliki pendaftar lebih dari 5 orang. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) No. 20/2019 yang membatasi jumlah maksimal cakades hanya lima orang tiap desa.


Hildawati melanjutkan, jumlah warga yang tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang memiliki hak untuk ambil bagian dalam pilkades serentak ini mencapai 549.443 jiwa. Mereka akan menyalurkan hak suaranya di total 523 tempat pemungutan suara (TPS).

Bupati Sragen, Kusdinar Untung Yuni Sukowati, sebelumnya telah memastikan seluruh tempat pemungutan suara (TPS) telah siap menyambut pesta demokrasi tingkat desa ini. Yuni, panggilan akrab bupati, saat menggelar pantauan di enam TPS di Sragen, kemarin, meminta penambahan bilik suara di tiap TPS.

"Satu TPS ada yang sampai dua ribu DPT. Kalau ditambah bilik kan bisa lebih cepat nanti dilakukan penghitungan suara. KPU Sragen juga sudah siap untuk meminjami bilik suara. Panitia pemilihan tinggal berkoordinasi dengan KPU," kata Yuni.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
September 26, 2019 at 07:19AM
https://ift.tt/2lhmy48

Pilkades Serentak di Sragen, Nasib 465 Cakades Ditentukan Hari Ini - Detiknews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Pilkades Serentak di Sragen, Nasib 465 Cakades Ditentukan Hari Ini - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.