Search

Tak Ribet, 4 Kebiasaan Malam Hari yang Bisa Bikin Perut Langsing - Suara.com

Suara.com - Banyak wanita menginginkan perut langsing. Bahkan, banyak yang rela melakukan berbagai macam usaha untuk mewujudkannya.

Hanya saja, mendapatkan perut langsing memang butuh waktu. Bila pola makan dan pola hidup kita sehari-hari tidak sehat, maka kita perlu komitmen kuat untuk menerapkan kebiasaan-kebiasaan baru yang lebih baik.

Dilansir dari laman Live Health, ada beberapa kebiasaan baik di malam hari yang bisa bikin perut langsing. Penasaran apa saja?

1. Hindari minuman manis

Kandungan gula dalam minuman ringan bisa menyebabkan penumpukan lemak pada perut yang disebut lemak viseral. Lemak ini tidak terlihat karena tidak berada di bawah kulit, melainkan di sekitar organ dalam tubuh.

Oleh karenanya, pada malam hari sebaiknya minum minuman yang rendah kalori atau yang nol kalori seperti air putih. Teh hijau juga bisa dikonsumi karena kandungan katekin yang ada di dalamnya dapat membantu proses pembakaran lemak.

Tak Ribet, 4 Kebiasaan Malam Hari yang Bisa Bikin Perut Langsing - 1
Ilustrasi minuman manis. (Shutterstock)

2. Tidur dengan lampu redup

Meningkatnya kadar hormon stres yang dikenal kortisol berkaitan dengan meningkatnya lemak perut. Sebab, peningkatan hormon tersebut dapat meningkatkan nafsu makan dan meningkatkan retensi lemak.

Lampu yang terlalu terang bisa mengganggu ritme tubuh dan meningkatkan produksi hormon kortisol. Disarankan pada malam hari kita tidur dengan lampu redup atau lampu padam.

Dengan begitu, kita bisa tidur lebih nyenyak dan nafsu makan bisa terkontrol dengan lebih baik.

3. Makan makanan berserat tinggi

Peneliti dari Wake Forest Baptist Medical Center menyebutkan bahwa dalam kurun waktu lima tahun, seseorang bisa menurunkan lemak perutnya sebanyak 3,7 persen dengan mengonsumsi 10 gram serat larut setiap hari.

Jadi, disarankan untuk makan malam pilih menu yang kaya serat untuk mencukupi kebutuhan asupan serat harianmu.

Kreasi Baru Menu Salad [Suara.com/Vessy]
Kreasi Baru Menu Salad [Suara.com/Vessy]

4. Berhenti makan setelah lewat jam 8 malam

Kita bisa menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan menjaga berat badan dengan berhenti makan setelah lewat pukul 8 malam. Kenapa? Sebab pada pukul 8 malam, sistem pencernaan memasuki fase penyerapan dan asimilasi.

Pada pukul 8 malam hingga 4 pagi, saat tubuh dan pikiran kita sedang istirahat total atau tidur, tubuh mulai menyerap, mengasimilasi, mengedarkan zat makanan, dan melakukan detoksifikasi.

Makan larut malam atau kurang tidur akan menghambat fase ini karena energi yang ada terbagi untuk mencerna makanan atau aktivitas yang dilakukan ketika kita sedang tidak tidur.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
September 29, 2019 at 01:04PM
https://ift.tt/2mLVR8d

Tak Ribet, 4 Kebiasaan Malam Hari yang Bisa Bikin Perut Langsing - Suara.com
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Tak Ribet, 4 Kebiasaan Malam Hari yang Bisa Bikin Perut Langsing - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.