Search

Hari Santri Nasional 2019 Baca Sholawat Nariyah, Ini Makna dan Keutamannya - Detiknews

Jakarta -

Hari Santri Nasional 2019 akan jatuh pada 22 Oktober 2019 esok. Malam ini akan dilakukan pembacaan 1 miliar Sholawat Nariyah oleh warga Nahdlatul Ulama sebagai puncak peringatan. Apa makna dan keutamannya?

Sholawat Nariyah disebut juga dengan sholawat Tafrijiyah Qurthubiyah. Sholawat ini dinamakan Nariyah sebab jika dibaca dan dipanjatkan dengan mengharapkan segala hajat dan apa yang dicita-citakan tercapai, Insyaallah akan cepat terkabul.

Ketua Panitia Pelaksana Malam Puncak Hari Santri Nasional 2019, KH. Misbahul Munir mengatakan sholawat nariyah memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Isi sholawat ini, sholawat kepada Rasulullah SAW dan doa kepada Allah SWT.

"Do'anya adalah "tanhallu bihil 'uqadu" yang artinya akan terurai segala ikatan dan akan terbukakan atau diberikan jalan keluar dari segala kesusahan. Sedangkan "wa tuqdha bihil hawaiju" artinya segala hajat akan dikabulkan oleh Allah swt. Begitulah inti dari sholawat nariyah, yang merupakan perpaduan antara sholawat dan permohonan kepada Allah, melalui tawassul," kata KH Misbahul kepada wartawan, Senin (21/10/2019).

Mengutip kitab 'Hasinatul asror' halaman 179, karya Sayyid Muhammad Haqqi An-Nazili, KH Misbah melanjutkan, salah satu sholawat yang mustajab adalah sholawat tafrijiyah atau sholawat nariyah. Dan barangsiapa orang Islam yang mengharapkan cita-citanya dapat dikabulkan oleh Allah, atau menolak bahaya, ingin menolak sesuatu yang tidak disukai, Hendaknya mereka berkumpul dalam satu majelis untuk membaca shalawat nariyah ini sebanyak 4444 kali, tercapailah apa yang dikehendaki dengan cepat (bi idznillah).

"Dan ini disebutkan dalam kitab tersebut, maka tercapailah apa yang dikehendaki dengan cepat. Bahkan sholawat ini juga dikatakan oleh para ahli yang tahu rahasia alam, diyakini sebagai kunci gudang yang mumpuni, artinya gudang kebaikan." ujarnya.

Sayangnya, menurut KH. Misbah, banyak orang yang kini melupakan amalan sholawat nariyah. Padahal seorang ulama bernama Imam Dainuri menyebutkan sejumlah manfaat Sholawat Nariyah. Yakni, barang siapa yang membaca shalawat nariyah sebanyak 11 kali selepas melaksanakan shalat fardhu sebagai wiridan, maka rezekinya tidak akan putus.

"Jadi, ada yang menentukan berkaitan dengan hitungan, misalnya Rasulullah SAW. pernah menyampaikann "Barangsiapa membaca sholawat kepadaku 100 kali, maka Allah akan mengijabahi 100 hajatnya, 70 di akhirat dan 30 di dunia" di dalam hadits yang lain misalnya, Rasulullah pernah menyampaikan "Perbanyaklah sholawat kepadaku, karena dapat memecahkan masalah dan menghilangkan kesedihan," kata Pengasuh Pondok Pesantren Al-Misbah itu.

Menurut dia, Rasulullah SAW mendengar sholawat yang dibacakan oleh umatnya. Dalam sebuah hadist riwayat al-Hafizh Ismail al

Qadhi, dalam bab Shalawat 'ala an-Nary, Rasulullah bersabda: "Hidupku, juga matiku, lebih baik dari kalian. Kalian membicarakan dan juga dibicarakan, amal­-amal kalian disampaikan kepadaku, jika saya tahu amal itu baik, aku memujii Allah, tetapi kalau buruk aku mintakan ampun kepada Allah."

Imam Haitami menyebutkan dalam kitab Majma' az-Zawaid, bahwa hadits tersebut shahih. "Ini artinya Rasulullah melihat bahkan mendengar apa yang dilakukan umatnya. Rasulullah memohon ampun kepada Allah atas dosa yang dilakukan oleh umatnya. Jadi kepada umat Islam, silahkan memperbanyak baca sholawat. Tanpa hitungan atau dengan hitungan tertentu untuk mempermudahkan saja," tutur KH Misbah.

Acara peringatan Hari Santri Nasional 2019 di Masjid Raya KH. Haayim Asy'ari akan diikuti oleh Ulama di Jajaran PBNU.


(erd/erd)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
October 21, 2019 at 05:55PM
https://ift.tt/31zBQjN

Hari Santri Nasional 2019 Baca Sholawat Nariyah, Ini Makna dan Keutamannya - Detiknews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Santri Nasional 2019 Baca Sholawat Nariyah, Ini Makna dan Keutamannya - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.