Search

BMKG: Hari hujan deras berpotensi mengguyur separuh wilayah Indonesia - Kontan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang hari ini (23/11) berpotensi turun di 17 provinsi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini tersebut.

Mengutip laman BMKG, potensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang terjadi, misalnya, di Bengkulu, Sumatra Selatan, Banten, Jakarta, Kalimantan Tengah, Sulawesi Barat. Berikut peringatan dini lengkap dari BMKG:

Baca Juga: Menengok lagi daftar zona potensi aktif gempa di Indonesia

Aceh

Waspada potensi bisa terjadi hujan sedang hingga lebat terjadi di wilayah Aceh Selatan, Aceh Barat, Gayo Lues, Simeulue, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Aceh Tenggara, Pidie, Pidie Jaya, Aceh Jaya, Aceh Utara, Aceh Timur, dan sekitarnya.
Bangka Belitung

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang-sore hari di wilayah Bangka, Belitung, Belitung Timur, dan Bangka Barat pada malam hari.

Banten

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Pandeglang bagian Utara dan Selatan, Lebak bagian Utara dan Tengah, Serang bagian Tengah dan Selatan.

Bengkulu

Waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat terjadi di wilayah Bengkulu pada pagi dan sore hari.

Baca Juga: Gunung Merapi erupsi, adakah kaitannya dengan gempa Sleman?

DKI Jakarta

Waspada hujan disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah Jaksel dan Jaktim pada sore hari.

Jambi

Waspada potensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang bisa disertai petir dan angin kencang di wilayah Kerinci, Sungai Penuh, dan Merangin.

Jawa Barat

Waspada potensi hujan yang bisa disertai kilat/petir serta angin kencang pada siang hingga menjelang malam hari di wilayah Bogor, Sukabumi, Bogor, Cianjur, Bandung, Purwakarta, Garut, Subang, Majalengka, Sumedang, Kuningan, Cirebon, Indramayu Selatan.

Kalimantan Barat

Waspada potensi hujan yang disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat. Wilayah yang berpotensi terjadi hujan intensitas lebat yaitu di sebagian Kayong Utara, Kapuas Hulu, Sekadau, Ketapang, Sintang, dan Landak.

Kalimantan Selatan

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Hulu Sungai Utara, Hulu Sungai Selatan, Tapin, Batola, dan Banjar.

Kalimantan Tengah

Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bisa disertai petir/kilat dan angin kencang di wilayah Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Seruyan, Kotawaringin Timur, Katingan, Gunung Mas, Pulang Pisau, Kapuas, Barito Selatan, Barito Timur, Barito Utara, Murung Raya, Palangka Raya, dan sekitarnya.

Lampung

Waspada potensi hujan lebat bisa disertai kilat/petir dan angin kencang di Way Kanan, Lambar, Pesibar, dan Lampura pada malam dan dini hari.

Riau

Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang yang terjadi di sebagian wilayah Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, Kep. Meranti, Siak, Pekanbaru, dan Rokan Hulu pada siang/sore dan malam hari.

Sulawesi Barat

Waspada potensi hujan sedang-lebat yang bisa disertai petir di wilayah Mamuju Tengah (Topoyo, Budong-Budong, Tobadak), Mamuju (Kalukku, Kalumpang), Mamasa (Tabulahan) pada malam/dini hari.

Sulawesi Tengah

Berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir/kilat dan angin kencang pada malam dan dinihari di wilayah Palu, Sigi, Donggala, Parimo, Poso, Touna, Tolitoli, Buol, Morowali, Morowali Utara, Banggai, Banggai Laut, dan Banggai Kepulauan.

Sumatra Barat

Waspada potensi hujan intensitas sedang hingga lebat bisa disertai petir/kilat pada siang-sore hari di wilayah Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Padang, Pasaman, Lima Puluh Koto, Tanah Datar, Padang Panjang, Kab. Solok, Sijunjung, dan sekitarnya.

Sumatra Selatan

Waspada potensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang bisa disertai kilat/petir dan angin kencang dengan durasi singkat pada siang hingga malam hari di wilayah Musi Banyuasin, Musi Rawas, Musi Rawas Utara, Lahat, Pagar Alam, Banyuasin, OKI, OKU, dan OKU Timur.

Sumatra Utara

Waspada hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir di wilayah pegunungan hingga pantai Barat Sumatra Utara.


Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan
Video Pilihan

Reporter: SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
November 23, 2019 at 06:00AM
https://ift.tt/2XFPNvW

BMKG: Hari hujan deras berpotensi mengguyur separuh wilayah Indonesia - Kontan
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "BMKG: Hari hujan deras berpotensi mengguyur separuh wilayah Indonesia - Kontan"

Post a Comment

Powered by Blogger.