Search

Terbukti, Kerja 4 Hari Seminggu Bikin Pegawai Makin Produktif - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia- Baru-baru ini Microsoft Jepang melakukan eksperimen kepada para karyawannya. Mereka menerapkan waktu kerja hanya 4 hari seminggu, dan hasilnya sungguh mengejutkan!

Dilansir dari CNBC Indonesia, eksperimen 4 hari kerja ini justru membuat para karyawan semakin produktif.

Raksasa teknologi ini mencatat lonjakan produktivitas hampir 40%, uji coba ini dilakukan sekaligus untuk mempromosikan waktu bekerja yang lebih sehat. Uji coba dilakukan mulai Agustus lalu lewat program Microsoft Work Life Choice Challenge, di mana perusahaan libur mulai Jumat dan 2300 karyawannya mendapat akhir pekan 3 hari.


Eksperimen dilakukan selama satu bulan untuk melihat manfaat dari berkurangnya waktu bekerja. Selama periode itu, perusahaan melihat produktivitas, yang diukur dengan penjualan per karyawan, naik 39,9% dibandingkan dengan Agustus 2018.

Perusahaan juga mencatat penurunan biaya, dengan 23,1% lebih sedikit listrik yang digunakan dan 58,7% lebih sedikit halaman yang dicetak selama periode tersebut.

Eksperimen ini juga memasukkan pengembangan diri dan skema kesehatan keluarga, dan mencatat umpan balik positif sebagian besar dari karyawan dengan 92,1% mengatakan bahwa mereka menyukai minggu kerja hanya empat hari.

Microsoft Jepang sekarang ini berencana untuk melakukan tantangan kehidupan kerja yang serupa di musim dingin ini, yang bertujuan mendorong kerja yang lebih fleksibel.

Gagasan empat hari kerja dalam seminggu telah menarik perhatian dalam mengurangi stres dan mencegah terlalu banyak pekerjaan. Pada 2018 misalnya, Selandia Baru sempat mencoba dua bulan bekerja hanya 4 hari seminggu. Demikian pula dengan apa yang diusulkan oleh Richard Branson, pendiri Virgin Air, yang terus-terusan mempromosikan waktu kerja ini yang lebih bermanfaat untuk tingkatkan kebahagian.

Dampak dari bekerja berlebihan dirasakan secara akut di Jepang, yang dikenal karena memiliki beberapa jam kerja terpanjang di dunia. Menurut sebuah studi pemerintah 2016, hampir seperempat dari perusahaan Jepang mengharuskan karyawan untuk bekerja lebih dari 80 jam sebulan.

Jepang bahkan telah menciptakan istilahnya sendiri untuk budaya ekstrem ini yang disebut, karoshi. Dimana bila diterjemahkan adalah kematian karena kerja keras.

(gus)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
November 04, 2019 at 04:18PM
https://ift.tt/2Cbs7FW

Terbukti, Kerja 4 Hari Seminggu Bikin Pegawai Makin Produktif - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Terbukti, Kerja 4 Hari Seminggu Bikin Pegawai Makin Produktif - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.