Search

Hari Kesaktian Pancasila, Anies Bicara Ancaman Ideologi Komunis - detikNews

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memimpin upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Monas. Anies berpesan agar masyarakat dapat terus menghadirkan nilai-nilai pancasila.

Upacara dilaksanakan di Lapangan Monas, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Dalam upacara tersebut, hadir jajaran pegawai ASN Pemprov DKI hingga perwakilan ormas. Upacara ini berlangsung singkat sekitar kurang lebih 35 menit dan tidak ada pidato dari Anies.


Usai upacara, Anies menyebut Hari Kesaktian Pancasila mengingatkan soal ancaman penggantian ideologi Pancasila dengan komunis. Oleh sebab itu, dia menyebut perlu kewaspadaan dalam terkait ancaman.
"Ketika kita memperingati Hari Kesaktian Pancasila, mengingatkan kita bahwa ancaman penggantian ideologi Pancasila dengan komunis itu nyata. Itu bukan fiksi tapi itu adalah kenyataan dan sudah berulang kali," kata Anies.

"Karena itu peringatan ini juga harus mengingatkan kita untuk selalu waspada, selalu memperhatikan tanda-tanda kemungkinan untuk ada penggantian seperti itu," sambungnya.


Anies mengatakan, masyarakat perlu menghadirkan nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, terutama sila yang menyangkut keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia.

"Cara yang paling mendasar untuk kita lakukan, untuk menjaga Pancasila justru dengan menghadirkan sila itu. Sila yang paling penting dihadirkan adalah, sila keadilan bagi seluruh takyat Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, bila hal tersebut dilaksanakan maka masyarakat tidak akan terbawa dalam ideologi lain selain Pancasila.

"Kalau ada pelaksanaan seadil-adilnya sila keadilan sosial maka insyaallah maka ideologi-ideologi alternatif yang dipaksakan tidak akan menembus karena masyarakat merasakan Pancasila di keseharian, Pancasila dalam keadilannya menjadi kenyataan," kata Anies.
(dwia/gbr)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
October 01, 2019 at 09:01AM
https://ift.tt/2oSMC74

Hari Kesaktian Pancasila, Anies Bicara Ancaman Ideologi Komunis - detikNews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Kesaktian Pancasila, Anies Bicara Ancaman Ideologi Komunis - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.