Search

Gelar Unjuk Rasa Lagi Hari ini, Mahasiswa Akan Pulang Pukul 17.00 WIB - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Aliansi Mahasiswa Indonesia yang terdiri dari BEM-BEM universitas disebut akan kembali melakukan aksi damai di depan Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Selasa (1/10/2019). Ketua Dewan Mahasiswa UIN Jakarta Sultan Rifandi menyebutkan, para mahasiswa akan diinstruksikan pulang pukul 17.00 WIB.

"Jam 17.00 kami sudah akan menarik mundur pasukan, termasuk UIN Jakarta akan tertib jam 17.00 pas kami balik kanan," kata Sultan saat dihubungi Kompas.com, Selasa.

Sultan mengemukakan, hal itu berdasarkan kesepakatan waktu aksi mahasiswa. Selain itu, keadaan kerap kali mulai tegang di atas pukul 17.00 dan mengancam keselamatan para peserta aksi.

Baca juga: Soal Unjuk Rasa, Forum Rektor Minta Pemerintah Tak Keluarkan Ucapan Provokatif

Sultan mengklaim pada aksi hari ini rencananya akan disertai tambahan kegiatan di luar aksi tuntutan.

"Kami mungkin akan menghapus coret-coretan di tembok, mengumpulkan sampah-sampah yang berserakan, dan sebagainya. Ini baru dari UIN Jakarta," kata Sultan.

Aksi mahasiswa hari ini disebut akan dimulai sekitar pukul 13.00. Tuntutan mahasiswa dalam aksi hari ini tidak banyak berbeda dengan tuntutan saat aksi pada Selasa pekan lalu dan Senin kemarin.

Meskipun beberapa RUU bermasalah, seperti RKUHP dan RUU Pertanahan, telah diputuskan nasibnya kemarin, mahasiswa masih memiliki beberapa tuntutan lain yang belum berjawab, seperti isu kejahatan lingkungan, isu antikorupsi, dan penangkapan aktivis.

Selain itu, tuntutan mahasiswa bertambah satu hari ini, yakni terkait jatuhnya korban-korban sipil akibat kekerasan aparat selama gelombang aksi unjuk rasa sepekan terakhir.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
October 01, 2019 at 12:06PM
https://ift.tt/2o3wqiY

Gelar Unjuk Rasa Lagi Hari ini, Mahasiswa Akan Pulang Pukul 17.00 WIB - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Gelar Unjuk Rasa Lagi Hari ini, Mahasiswa Akan Pulang Pukul 17.00 WIB - Kompas.com - Megapolitan Kompas.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.