Search

4 Hari IHSG Reli, Waspada Asing Profit Taking - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diproyeksikan berbalik melemah pada perdagangan menjelang akhir pekan, Jumat (21/2/2020). Aksi profit taking atau ambil untung akan berlanjut dan menyebabkan IHSG berbalik ke zona merah.

Kamis kemarin (21/2/2020), IHSG ditutup menguat 0,23% ke level 5.942,487 dan membuat reli selama 4 hari beruntun. Katalis positif yang mendorong penguatan IHSG antara lain penurunan suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin menjadi 4,75%.

Dengan pemangkasan suku bunga tersebut, diharapkan roda perekonomian dalam negeri lebih terpacu untuk meredam efek pelambatan ekonomi China. BI menilai dampak penyebaran virus Corona bersifat V-Shape, artinya penurunan akan terjadi dengan cepat, tetapi pemulihan juga memakan waktu tidak lama.


BI juga memberikan update proyeksi pertumbuhan ekonomi dua tahun ke depan, meski proyeksi dipangkas tetapi BI masih optimistis pertumbuhan ekonomi akan di atas 5%.

Dalam risetnya, Panin Sekuritas memaparkan, IHSG sempat terkoreksi kala Bank Indonesia mengumumkan penurunan suku bunga acuan yang menyebabkan penurunan beberapa saham sektor properti, namun berhasil diangkat kembali oleh saham sektor pertambangan, sehingga IHSG menjadi berhasil menembus resistance (batas atas) 5.940.

"Hari ini aksi profit taking berpotensi berlanjut dan IHSG akan menguji level 5.950 kembali. Candlestick berbentuk doji mengindikasikan pelemahan. IHSG berpotensi bergerak cenderung menurun pada kisaran 5.900 - 6.000," tulis Panin Sekuritas, Jumat (21/2/2020), dalam riset harian.

Sementara itu, Indosurya Sekuritas menyebutkan, peluang kenaikan masih akan terlihat dalam pergerakan IHSG hari ini.

Dalam jangka panjang, lanjut Valbury, pola uptrend masih terlihat pada pergerakan IHSG, hal ini juga ditunjang beberapa faktor seperti masih tercatatnya inflow secara year to date, masih stabilnya perekonomian, serta kuatnya fundamental perekonomian domestik.

"Hari ini potensi penguatan masih akan terlihat pada pergerakan IHSG di kisaran 5.821 - 6.024," tulis Indosurya Sekuritas.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
February 21, 2020 at 08:28AM
https://ift.tt/3c0sgwT

4 Hari IHSG Reli, Waspada Asing Profit Taking - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "4 Hari IHSG Reli, Waspada Asing Profit Taking - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.