Search

3 Hari Turun & Kemarin 'Terjangkit' Corona, IHSG Mulai Hijau - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengawali perdagangan keempat di pekan ini, Kamis (23/1/2020), di zona hijau.

Pada pembukaan perdagangan, IHSG menguat 0,17% ke level 6.244. Pada pukul 09:15 WIB, apresiasi IHSG adalah sebesar 0,06% ke level 6.237,44.

Kinerja IHSG berbanding terbalik dengan mayoritas bursa saham utama kawasan Asia yang justru sedang ditransaksikan di zona merah. Hingga berita ini diturunkan, indeks Nikkei turun 0,6%, indeks Shanghai terkoreksi 0,68%, indeks Hang Seng melemah 1,04%, dan indeks Kospi berkurang 0,42%.


Sentimen negatif bagi bursa saham Benua Kuning datang dari penyebaran virus Corona. Virus Corona sendiri merupakan virus yang menyerang sistem pernafasan manusia. Gejala dari paparan virus Corona meliputi batuk, sakit tenggorokan, sakit kepala, dan demam, seperti dilansir dari CNN International.
Berpusat di China, kasus serangan virus Corona juga dilaporkan telah terjadi di negara-negara lain seperti Korea Selatan, Jepang, Taiwan, hingga Thailand, semuanya melibatkan turis China asal Wuhan.

Kini, infeksi virus Corona telah resmi menyebar ke Makau dan Hong Kong. Lagi-lagi, virus tersebut dibawa oleh orang yang baru saja mengunjungi China.

Pada hari Selasa (21/1/2020), US Centers for Disease Control and Prevention mengonfirmasi diagnosis pertama atas infeksi virus Corona di AS. Kasus ini terjadi di Seattle, di mana pengidapnya adalah seorang pria yang baru saja mengunjungi China.

Kemarin (22/1/2020), Komisi Kesehatan Nasional menggelar konferensi pers di Beijing dan menginformasikan bahwa jumlah korban meninggal akibat Virus Corona telah bertambah menjadi sembilan orang.

Per 21 Januari, terdapat 440 kasus infeksi virus Corona yang tersebar di 13 provinsi di China. Sebanyak 1.394 pasien kini berada dalam observasi medis, seperti dilansir dari Bloomberg.

Hingga kini, belum jelas seberapa parah dampak dari infeksi virus Corona, namun akselerasi infeksinya telah menyebabkan kekhawatiran bahwa wabah seperti virus severe acute respiratory syndrome (SARS) yang merebak pada akhir 2002 hingga tahun 2003 di China, akan terulang.

Meluasnya infeksi virus Corona hingga ke negara-negara lain berpotensi membuat World Health Organziation (WHO) mendeklarasikan darurat kesehatan publik internasional atau Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

Sebagai catatan, PHEIC merupakan deklarasi formal dari WHO terkait kejadian luar biasa yang ditetapkan sebagai risiko kesehatan bagi masyarakat negara lain dan berpotensi memerlukan respons internasional yang terkoordinasi untuk menanggulanginya.

Jika benar virus Corona menjadi wabah seperti SARS, perekonomian China bisa kian tertekan. Pasalnya, sebentar lagi masyarakat China akan merayakan hari raya Tahun Baru China atau yang dikenal dengan istilah Imlek di Indonesia.

Di China, perdagangan di bursa sahamnya akan diliburkan mulai dari tanggal 24 Januari hingga 30 Januari guna memperingati Tahun Baru China.

Selama libur Tahun Baru China, masyarakat China biasanya kembali ke kampung halamannya, sama seperti yang dilakukan masyarakat Indonesia pada hari raya Idul Fitri. Dalam periode tersebut, konsumsi masyarakat China biasanya akan meningkat drastis.

Pemerintah China sendiri memperkirakan akan ada sebanyak tiga miliar perjalanan pada Tahun Baru China kali ini, naik dibandingkan tahun lalu yaitu 2,99 miliar perjalanan. Dari tiga miliar perjalanan tersebut, 2,43 miliar diperkirakan ditempuh dengan mobil, 440 juta dengan kereta api, 79 juta dengan pesawat terbang, dan 45 juta dengan kapal laut.

IHSG sukses menghijau seiring dengan koreksi yang sudah dibukukannya dalam tiga hari perdagangan sebelumnya. Dalam periode 20-22 Januari (tiga hari perdagangan), IHSG tercatat melemah 0,93%.

Kini, koreksi IHSG yang sudah lumayan dalam tersebut dimanfaatkan pelaku pasar untuk mengoleksi saham-saham di Tanah Air.

Pada hari ini, pelaku pasar akan mencermati pengumuman hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI). Konsensus yang dihimpun oleh CNBC Indonesia memproyeksikan bahwa tingkat suku bunga acuan akan ditahan di level 5% oleh bank sentral.

TIM RISET CNBC INDONESIA (ank/ank)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
January 23, 2020 at 09:24AM
https://ift.tt/30RKgnN

3 Hari Turun & Kemarin 'Terjangkit' Corona, IHSG Mulai Hijau - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Hari Turun & Kemarin 'Terjangkit' Corona, IHSG Mulai Hijau - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.