Search

Jakarta Hari Ini Siaga Banjir, BMKG: Waspadai Hujan Lebat Sepekan ke Depan - iNews

JAKARTA, iNews.id – Wilayah DKI Jakarta dan sejumlah daerah lainnya di Indonesia berpotensi mengalami banjir hari ini dan besok. Prediksi itu berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) berbasis dampak hujan lebat yang terjadi hingga dua hari ke depan.

“Kondisi cuaca di beberapa wilayah tersebut diprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat,” kata Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab, yang dihubungi di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Namun Fachri menyatakan intensitas curah hujan tersebut kemungkinan tidak seekstrem hujan pada awal 2020 lalu. Berdasarkan prakiraan yang berlaku 24-25 Januari tersebut, potensi banjir dapat terjadi di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Selawesi Tengah, Sulawesi Barat, dengan status siaga.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R Prabowo menuturkan, sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia di selatan Lampung yang diperkirakan terbentuk pada 24 hingga 26 Januari 2020 menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat. Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

“Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat,” ungkap Mulyono dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan, curah hujan dengan Intensitas Lebat yang dapat disertai kilat/petir berpotensi terjadi di wilayah sebagai berikut:

Periode 24-26 Januari 2020 :
- Sumatera Utara
- Sumatera Barat
- Bengkulu
- Jambi
- Sumatera Selatan
- Kepulauan Bangka Belitung
- Lampung
- Banten
- DKI Jakarta
- Jawa Barat
- Jawa Tengah
- DI Yogyakarta
- Jawa Timur
- Kalimantan Barat
- Kalimantan Tengah
- Kalimantan Selatan
- Sulawesi Barat
- Sulawesi Tengah
- Sulawesi Selatan
- Papua

Periode 27-29 Januari 2020 :
- Sumatera Barat
- Jambi
- Bengkulu
- Sumatera Selatan
- Lampung
- Banten
- Jawa Barat
- Jawa Tengah
- Jawa Timur
- Kalimantan Utara
- Kalimantan Timur
- Sulawesi Barat
- Sulawesi Selatan
- Papua

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin,” ujar Mulyono.

Editor : Ahmad Islamy Jamil

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
January 24, 2020 at 09:47AM
https://ift.tt/38AOO4u

Jakarta Hari Ini Siaga Banjir, BMKG: Waspadai Hujan Lebat Sepekan ke Depan - iNews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Jakarta Hari Ini Siaga Banjir, BMKG: Waspadai Hujan Lebat Sepekan ke Depan - iNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.