Search

Finlandia Mau Terapkan Kerja 6 Jam/Hari Atau 4 Hari Seminggu - Detikcom

Jakarta - Pemerintah Finlandia memberikan penjelasan terkait wacana pengurangan jam kerja menjadi 24 jam seminggu, atau 4 hari selama 6 jam. Juru Bicara Pemerintah Finlandia Paivi Anttikoski mengatakan bahwa Perdana Menteri (PM) Sanna Marin mencetuskan ide tersebut sebelum menjadi kepala pemerintahan di Desember lalu.

Mengutip Seattle Times, Rabu (8/1/2020), Marin melayangkan gagasan dalam diskusi panel Agustus lalu ketika ia menjadi Menteri Transportasi. Namun, belum ada upaya mendorong ide ini menjadi nyata ke depan.

Marin belum membicarakan gagasan tersebut pada rapat kabinet atau dalam koalisinya terkait proposal jam kerja.


Simpang siurnya laporan soal penerapan jam kerja di Finlandia diduga berasal dari media Brussels, New Europe yang mencatat Marin mencetuskan rencana bekerja 6 jam per hari selama 4 hari dalam sepekan. Akan tetapi, rencana ini tak lagi terdengar sejak Marin menjadi PM.

Lalu apa yang sebenarnya Marin katakan?

Marin kala itu menjabat sebagai wakil ketua partai sosial demokrat yang berkuasa di Finlandia dan Menteri Transportasi dan Komunikasi di kabinet PM Antti Rinne. Ketika partainya mengadakan perayaan hari jadi ke-120 pada 17 Agustus 2019 hal ini mencuat. Partai sosial demokrat memiliki peranan yang sangat penting dalam sejarah industri, khususnya soal hak pekerja dan jam kerja.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
January 08, 2020 at 11:35AM
https://ift.tt/2t0BYxt

Finlandia Mau Terapkan Kerja 6 Jam/Hari Atau 4 Hari Seminggu - Detikcom
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Finlandia Mau Terapkan Kerja 6 Jam/Hari Atau 4 Hari Seminggu - Detikcom"

Post a Comment

Powered by Blogger.