Search

Hari Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas di Istana, Catat Rute Pengalihannya - Suara.com

Suara.com - Apakah hari ini Anda akan berkendaraan dengan rute kawasan Istana Negara RI, Medan Merdeka, Monumen Nasional, atau sekitarnya? Bersiaplah menghadapi kemacetan di luar hari-hari biasa. Pasalnya, "Ojol Nusantara Bergerak" yang beranggotakan para pngemudi ojek dalam jaringan atau ojol tengah menggelar demonstrasi di sana.

Karena kegiatan demonstrasi ini, aparat kepolisian menutup akses menuju Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (15/1/2020). Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Heru Novianto memaparkan bahwa arus lalu lintas di Medan Merdeka Barat akan dialihkan ke jalan di sekitarnya. Misalnya Jalan Abdul Muis dan Jalan Veteran.

Bus Transjakarta melintas di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Minggu (22/5/2016). [Suara.com/Adhitya Himawan]
Bus Transjakarta melintas di Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat. Sebagai ilustrasi [Suara.com/Adhitya Himawan]

"Dua arah kami tutup. (Pengendara) bisa lewat Abdul Muis atau Veteran. Tapi Veteran 1,2 dan 3 kami tutup juga. Kami tunggu mereka datang sekitar jam 12 atau jam 13.00," demikian papar Kombes Heru Novianto kepada para jurnalis, Rabu (15/1/2020).

Jika nantinya aksi telah selesai, maka Polisi alam mengarahkan massa menuju Taman Pandang. Dengan begitu, jalan kembali dibuka oleh Polisi.

Heru Novianto menambahkan bahwa bus TransJakarta di sekitar lokasi tetap beroperasi. Pihaknya akan mengupayakan agar transportasi umum itu tetap berjalan seperti biasa.

"Busway kami upayakan tetap jalan. Aksi ada di depan Kemenhub dan Istana," sambungnya.

Selain itu, Polisi sudah menyiapkan pengamanan terkait aksi tadi. Sebanyak 2.040 personel telah disiagakan di lokasi.

Jumlah personel sesuai dengan pemberitahuan yang masuk mengenai massa aksi diperkirakan mencapai 5 ribu orang dan akan memadati kawasan Kementerian Perhubungan RI hingga di titik puncak depan Istana Merdeka.

"Benar, sebanyak 2.040 personel gabungan TNI-Polri akan mengamankan aksi itu," tukas Heru Novianto membenarkan.

Sementara itu, Ketua Gabungan Aksi Roda Dua (GARDA) Indonesia Igun Wicaksono mengatakan aksi ini bertujuan untuk menuntut legalitas hukum para mitra ojek daring kepada pemerintah selaku regulator.

"Mari Jabodetabek mengawal rekan-rekan kita yang sedang memperjuangkan payung hukum (legalitas) bagi driver ojek online," kata Igun Wicaksono dalam keterangan tertulisnya.

Aksi itu akan dimulai pada pukul 13.00 WIB, dengan titik kumpul Parkir IRTI Monas. Para pengemudi ojek daring akan melakukan perjalanan dengan jalan kaki (longmarch) mulai dari Balai Kota DKI Jakarta bergerak menuju ke Kementerian Perhubungan RI di Jalan Medan Merdeka Barat hingga pukul 15.00 WIB. Mulai pukul 15.00 WIB, mereka direncanakan melanjutkan jalan kaki sampai depan Istana Merdeka untuk berorasi hingga pukul 16.30 WIB.

Aksi Ojol Nusantara Bergerak ini juga akan dilangsungkan pada keesokan harinya di DPR RI pada Kamis (16/1/2020).

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
January 15, 2020 at 01:02PM
https://ift.tt/2TmIY2i

Hari Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas di Istana, Catat Rute Pengalihannya - Suara.com
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Ini Ada Rekayasa Lalu Lintas di Istana, Catat Rute Pengalihannya - Suara.com"

Post a Comment

Powered by Blogger.