Search

Beroperasi Hari Ini, Begini Fasilitas Perawatan RS Pulau Galang - Tempo

TEMPO.CO, Jakarta - Rumah Sakit Khusus Infeksi Menular Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau akan mulai beroperasi hari ini. Rumah sakit yang juga akan menangani pasien Corona itu menyiapkan tiga klaster perawatan pasien.

"Ada klaster Orang Tanpa Gejala (OTG), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan ICU bertekanan negatif untuk pasien positif COVID-19," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Kepulauan Riau, Tjetjep Yudiana di Tanjungpinang, Ahad, 5 April 2020.

Untuk klaster OTG, Tjetjep mengatakan rumah sakit menyiapkan 260 kamar. Kemudian untuk klaster PDP sebanyak 100 kamar dan 20 kamar ICU untuk pasien positif COVID-19.

Kapasitas Rumah Sakit Galang direncanakan dapat mencapai seribu ruangan. Namun pengembangannya disesuaikan dengan kebutuhan.

"Rumah Sakit Galang di bawah kendali Kodam I/Bukit Barisan. Struktur organisasi rumah sakit telah dibentuk oleh PANGDAM I/Bukit Barisan," kata Kepala Dinas Kesehatan Kepri itu.

Saat ini, kata Tjetjep, sudah ada sekitar 50 tenaga medis dan paramedis yang menjadi sukarelawan. Jumlah itu akan ditambah dengan personel dari Kementerian Kesehatan sebanyak 100 tenaga medis dan paramedis.

Sementara untuk tenaga nonmedis yang dibutuhkan di rumah sakit sudah mulai direkrut sejak beberapa pekan lalu. Hal itu menjadi tanggungan pemerintah daerah pemerintah Provinsi Kepri dan pemerintah Kota Batam.

Meski akan dibuka hari ini, Tjetjep menyebut rumah sakit tidak langsung menerima pasien. Alasannya, pihak pengelola rumah sakit masih melakukan penyesuaian, termasuk uji fungsi berbagai peralatan medis dan uji tugas SDM di setiap bagian yang dipersiapkan. "Ini membutuhkan waktu sekitar sepekan sebelum menerima pelayanan pasien COVID-19 ,"kata dia.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
April 06, 2020 at 06:38AM
https://ift.tt/2xMyQHv

Beroperasi Hari Ini, Begini Fasilitas Perawatan RS Pulau Galang - Tempo
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Beroperasi Hari Ini, Begini Fasilitas Perawatan RS Pulau Galang - Tempo"

Post a Comment

Powered by Blogger.