Search

Daftar Hari Ini, Warga Mataram NTB Berangkat Haji Tahun 2050 - Detiknews

Mataram - Kantor Kementerian Agama Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), mencatat daftar tunggu keberangkatan haji di kota itu semakin panjang, yakni mencapai 31 tahun. Alhasil, mereka yang mendaftar hari ini baru berangkat haji pada 2050.

"Artinya, bagi masyarakat yang mendaftar tahun ini, diprediksi akan berangkat ke Tanah Suci 31 tahun lagi. Untuk jumlah masyarakat yang sudah mendaftar ada di kantor," kata Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Mataram H Burhanul Islam yang ditemui di Kantor Wali Kota Mataram di Mataram sebagaimana dilansir Antara, Senin (2/12/2019).

Daftar tunggu keberangkatan haji Kota Mataram ini sama dengan Sulawesi Selatan, sehingga anak-anak yang saat ini masih sekolah sudah didaftarkan oleh orang tuanya.


Menurutnya, peningkatan daftar tunggu keberangkatan haji itu bisa menjadi indikasi meningkatnya perekonomian masyarakat serta semangat umat Islam untuk menunaikan Rukun Islam kelima itu."Untuk biaya pendaftaran awal saat ini belum ada perubahan, yakni Rp 25.500.000, per satu nomor porsi. Dalam sehari rata-rata masyarakat yang daftar mencapai 25 orang," ujarnya.

Terkait dengan panjangnya daftar tunggu keberangkatan haji tersebut, Burhanul mengimbau jangan sampai hal itu menjadi pematah semangat masyarakat untuk tidak mendaftar.

"Kita tidak tahu kebijakan pemerintah ke depan. Siapa tahu ada kebijakan penambahan kuota dari pemerintah Arab Saudi dan kebijakan-kebijakan lainnya," katanya.


Sementara itu, menyinggung tentang kuota calon jemaah haji tahun 2020, Burhanul mengatakan, untuk Kota Mataram baru diberikan estimasi jumlah calon jemaah, yakni sebanyak 750 orang.

"Harapan kita, jumlah itu bisa bertambah lagi agar kelompok terbang (kloter) jemaah haji bisa menjadi dua kloter utuh guna mempermudah pembinaan dan pengawasan," ujarnya.
(asp/asp)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
December 02, 2019 at 04:51PM
https://ift.tt/2Y4Ikae

Daftar Hari Ini, Warga Mataram NTB Berangkat Haji Tahun 2050 - Detiknews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Daftar Hari Ini, Warga Mataram NTB Berangkat Haji Tahun 2050 - Detiknews"

Post a Comment

Powered by Blogger.