Search

Ini Enam Saham Pendongkrak Transaksi Negosiasi pada Hari Ini - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Transaksi negosiasi saham PT Barito Pacific Tbk (BRPT) dan PT Bintang Oto Global Tbk (BOGA) bernilai masing-masing di atas Rp 500 miliar serta empat saham lain dongkrak transaksi saham hari ini.

Data transaksi bursa menunjukkan BRPT dan BOGA ditransaksikan di pasar negosiasi senilai masing-masing Rp 583,45 miliar dan Rp 528,93 miliar.

Empat saham lain yang ditransaksikan dengan nilai raksasa di pasar negosiasi hari ini adalah PT Bank Arto Indonesia Tbk (ARTO), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Ayana Land International Tbk (NASA), dan PT Indah Prakarsa Sentosa Tbk (INPS). Total transaksi enam saham yang masing-masingnya di atas Rp 100 miliar itu mencapai Rp 1,75 triliun.


Alhasil, total nilai transaksi saham di pasar negosiasi mencapai Rp 2,92 triliun dan di seluruh pasar Rp 7 triliun. Hari ini, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) menguat tipis 0,21% ke 6.319. Pasar negosiasi adalah satu dari tiga jenis transaksi di bursa saham, di mana jenis transaksi lain yaitu transaksi di pasar reguler atau pasar biasa, dan pasar tunai.

Transaksi di pasar negosiasi biasa dilakukan terutama untuk transaksi besar yang berpotensi mengganggu harga pasar jika dilakukan di pasar reguler dengan tanpa ada batasan transaksi yang genap yaitu 1 lot= 100 unit saham, sehingga bisa berjumlah tidak 100 unit saham dan dengan periode penyelesaian (settlement) sesuai kesepakatan.

Transaksi di pasar reguler merupakan transaksi yang dilakukan menggunakan mekanisme tawar menawar berkelanjutan dan menjadi fasilitas bertransaksi dengan harga normal dan jumlah transaksi minimal 1 lot. Periode settlement transaksi pasar reguler dilakukan dengan periode 2 hari setelah transaksi (T + 2).

Di lain pihak, pasar tunai digunakan untuk transaksi yang bertujuan menyelesaikan kegagalan transaksi sebelumnya di pasar reguler atau negosiasi dengan periode settlement hari itu juga, atau T + 0.

TIM RISET CNBC INDONESIA

(irv/irv)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
December 26, 2019 at 10:10PM
https://ift.tt/379uzKt

Ini Enam Saham Pendongkrak Transaksi Negosiasi pada Hari Ini - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ini Enam Saham Pendongkrak Transaksi Negosiasi pada Hari Ini - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.