Search

Hari Ini Masjid Sunda Kelapa dan Istiqlal Gelar Sholat Gerhana Matahari - detikNews

Jakarta -

Sebagian wilayah di Indonesia, pada Kamis, 26 Desember 2019 hari ini akan dilintasi gerhana matahari cincin. Sejumlah masjid di Jakarta pun dijadwalkan menggelar sholat sunah kusuf atau sholat gerhana matahari selepas Dzuhur.

Di Masjid Istiqlal, Jakarta akan bertindak selaku Imam Ustaz. H. Rofudin Mahfudz dan khotib Ustaz H. Zulfatah Yasin. "Biasanya khotbah sholat gerhana yang disampaikan dan dibahas adalah tanda-tanda kekuasaan Allah," kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Masjid Istiqlal, Abu Hurairah kepada detikcom, Kamis, 25 Desember 2019.

Di Masjid Sunda Kelapa, sholat sunah kusuf atau sholat gerhana matahari juga dilaksanakan selepas dzuhur. Bertindak selaku imam adalah H. Anshoruddin dan khotib Prof. Dr.KH. Didin Hafiduddin.

Sholat sunah kusuf atau sholat gerhana matahari juga digelar di Masjid Baiturrahman Jaya Ancol. "Pemberitahuan: Kajian Bulanan PT. Pembangunan Jaya Ancol; Seluruh Anak Usaha; dan Mitra Kerja untuk sementara ditiadakan, digantikan dengan Sholat Gerhana Matahari Berjama'ama," demikian pengumuman yang diterima detikcom.

Bertindak selaku imam sholat kusuf di Masjid Baiturrahman Jaya Ancol adalah Ustadz Rifa'at Arfan, Lc. dan khotib Ustadz Hidayat Arifianto. Ada pun susunan acara diawali dengan Sholat Dzuhur Berjama'ah dilanjutkan, Takbir Gerhana, Sholat Sunnah Gerhana, ditutup dengan Khutbah Sholat Gerhana.

Sejak pekan lalu Kementerian Agama sudah mengimbau umat Islam yang daerahnya terlintasi gerhana matahari cincin melaksanakan sholat kusuf atau sholat gerhana matahari. "Kementerian Agama mengimbau umat Islam di seluruh Indonesia untuk melaksanakan salat sunnah gerhana matahari atau yang disebut Salat Kusuf," kata Plh Dirjen Bimas Islam Kemenag Tarmizi, dalam keterangannya, di Jakarta, Kamis (19/12/2019).

Gerhana matahari cincin bakal bisa terlihat di 7 provinsi di Indonesia, yaitu Aceh, Sumatera Utara, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur. Di Indonesia, waktu mulai gerhananya paling awal adalah di Sabang, Aceh, yang terjadi pada pukul 10.03 WIB. Adapun kota yang waktu mulai gerhananya paling akhir adalah di Merauke, Papua, yaitu pukul 14.37 WIT.

Adapun puncak gerhana paling awal adalah Kota Sabang yang terjadi pada pukul 11.49 WIB. Adapun kota yang akan mengalami waktu puncak paling akhir adalah Jayapura, yaitu pukul 15.51 WIT.

Terkait tata cara dalam sholat gerhana matahari, berikut 11 tahapan yang bisa diikuti sesuai anjuran Kemenag

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
December 26, 2019 at 05:17AM
https://ift.tt/2Qhu8XO

Hari Ini Masjid Sunda Kelapa dan Istiqlal Gelar Sholat Gerhana Matahari - detikNews
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Ini Masjid Sunda Kelapa dan Istiqlal Gelar Sholat Gerhana Matahari - detikNews"

Post a Comment

Powered by Blogger.