Search

Listing Hari Ini, Unicharm Raih Rp 1,2 T & IPO Terbesar 2019 - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan yang memproduksi beragam popok dan pembalut wanita, PT Unicharm Indonesia Tbk bakal mencatatkan saham perdana (listing) di Bursa Efek Indonesia hari ini, Jumat, 20 Desember melalui skema penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO).

Mengacu data yang dipublikasikan Kustodian Sentral Efek Indonesia, Unicharm menjadi perusahaan tercatat ke 54 yang tercatat sepanjang tahun 2019 dengan kode saham UCID.


Berdasarkan data BEI, Unicharm menjadi emiten yang ke-667 di papan Bursa. Perseroan melepas 831.314.400 saham ke publik dengan harga IPO Rp 1.500/saham, sehingga meraih dana IPO sebesar Rp 1,25 triliun, dengan kapitalisasi pasar Rp 6,23 triliun. Adapun jumlah saham yang tercatat (berikut dengan saham pendiri) yakni 4,15 miliar saham.


Dalam due diligence meeting, Unicharm menawarkan harga IPO saham Unicharm mulai dari Rp 1.400 - 1.800 per saham dengan valuasi price to earnings ratio (PE) di level 12,4 kali - 16 kali.

"Dengan demikian, raihan dana IPO yang ditargetkan sebesar Rp 1,2 triliun," kata Associate Director PT Sinarmas Sekuritas, Datin Rafidah Mahadi, Senin (25/11/2019) di Ritz Carlton, Jakarta, mewakili penjamin pelaksana emisi.

Datin menyebut, ini akan menjadi raihan IPO terbesar di BEI sepanjang tahun ini.

Pada kesempatan sama, Presiden Direktur Unicharm Indoneisa Yuji Ishii mengatakan, rencana IPO ini sudah direncanakan setahun sebelumnya.


Melalui IPO, kata Yuji Ishii, perseroan akan meningkatkan kapasitas produksi ke depan sekaligus mendapat dana dengan biaya yang lebih terjangkau daripada pinjaman dari perbankan.

Dia optimistis, kendati situasi pasar saham belakangan sedang tertekan, saham yang dilepas Unicharm akan tetap diserap pasar. Sebab, kata dia, Unicharm tak hanya mengandalkan investor di dalam negeri.

"Kami bekerja sama dengan investor institusi di luar negeri," kata Yuji Ishii.

Rencananya, Unicharm akan mengalokasikan 64,6% dana IPO untuk belanja modal. Sekitar 20,6% untuk membayar utang dan sisanya, sekitar 14,8% untuk modal kerja.

[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
December 20, 2019 at 07:50AM
https://ift.tt/2Q6TLua

Listing Hari Ini, Unicharm Raih Rp 1,2 T & IPO Terbesar 2019 - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Listing Hari Ini, Unicharm Raih Rp 1,2 T & IPO Terbesar 2019 - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.