Search

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di KPK Tanpa Kehadiran Jokowi - Katadata.co.id

Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK kembali menggelar Hari Antikorupsi Sedunia yang jatuh setiap 9 Desember. Namun tahun ini, acara tahunan tersebut minus kehadiran Presiden Joko Widodo. 

Dimulai sekitar pukul 09.00 WIB, kehadiran Jokowi digantikan Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Sejumlah menteri, pejabat tinggi negara, dan politisi terlihat datang dalam acara tersebut.

Hadir Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo, Menteri Komunikasi dan Informatikan Johnny Plate, dan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto.  Kemudian Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua Partai Demokrat Agus Yudhoyono. 

(Baca: Tak Hadiri Undangan KPK, Jokowi Peringati Hari Antikorupsi di SMKN 57)

Dalam sambutannya di KPK, Ma'ruf Amin menekankan peringatan Hari Antikorupsi merupakan upaya penyadaran publik terhadap persoalan korupsi di Tanah Air. Korupsi merupakan kejahatan sistemik yang menjadi masalah serius dan menghambat pembangunan. 

"Arahan presiden jelas. Jangan korupsi dan tutup celah terjadi korupsi. Presiden juga punya arahan agar pencegahan korupsi di prioritaskan pada sektor perizinan dan pelayanan publik," ujar Ma'ruf Amin di Jakarta, Senin (9/12). 

Menurut Ma'ruf, pemerintah secara konsisten telah melakukan langkah perbaikan regulasi dan tata kelola kelembagaan. Pemerintah juga memanfaatkan teknologi untuk menutup celah korupsi. 

"Pemerintah optimis upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi akan lebih baik," kata dia. 

(Baca: Hari Antikorupsi Sedunia, Ini Nasihat Jokowi untuk Para Siswa SMK)

Hal ini terlihat dari skor Indeks Persepsi Korupsi atau IPK yang naik satu poin dari 37 pada 2017 menjadi 38 pada 2018. 

"Pemerintah apresiasi, aksi pencegahan yang dilakukan KPK telah menyelamatkan keuangan negara mencapai Rp 60 triliun,"  ungkap Ma'ruf.

Adapun pada peringatan Hari Antikorupsi Sedunia tahun ini, Jokowi yang tak menghadiri undangan KPK dan memilih memperingati Hari Antikorupsi di SMKN 57 Jakarta. Ia didampingi Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, serta Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama. 

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
December 09, 2019 at 11:18AM
https://ift.tt/354TWN9

Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di KPK Tanpa Kehadiran Jokowi - Katadata.co.id
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Peringatan Hari Antikorupsi Sedunia di KPK Tanpa Kehadiran Jokowi - Katadata.co.id"

Post a Comment

Powered by Blogger.