Search

Sudah 2 Hari Turun, Harga CPO Sudah Ketinggian? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) bergerak turun pada perdagangan hari ini. Dalam dua hari terakhir atau terhitung sejak 10 Desember lalu harga CPO mengalami pelemahan.

Harga CPO kontrak berjangka di Bursa Malaysia Derivatif Exchange pagi ini, Kamis (12/12/2019) berada di posisi RM 2.872 turun enam ringgit atau terkoreksi 0,2% dibanding penutupan perdagangan kemarin.


Walaupun melemah dalam dua hari terakhir, harga CPO sebenarnya masih berada di level tertinggi di tahun ini dan dua tahun terakhir. Harga yang masih tinggi mengindikasikan pasar masih khawatir akan risiko penipisan pasokan di tengah permintaan yang tinggi tahun depan.

Curah hujan yang rendah di awal tahun yang melanda Indonesia dan Malaysia diperkirakan akan menurunkan produksi pada semester pertama tahun 2020, menurut perhitungan analis.


Selain itu petani juga menggunakan jumlah pupuk yang lebih rendah karena harga CPO yang tertekan dan mencapai titik terendah dalam beberapa tahun terakhir.

Persediaan minyak sawit Malaysia bulan November juga turun terendah sejak tiga bulan terakhir akibat penurunan produksi musiman. Namun ekspor Malaysia turun akibat penurunan pembelian dari importir-importir besar.

Persediaan minyak sawit Malaysia bulan November berada di 2,26 juta ton atau turun 4,1% dibanding bulan lalu. Sebelumnya survei yang dilakukan Reuters menyebut bahwa persediaan akan turun hingga 5% mencapai 2,22 juta ton.

Survei teranyar yang dilakukan oleh surveyor kargo Societe Generale de Surveillance menyebut ekspor minyak sawit Malaysia untuk periode 1-10 Desember 2019 turun 11,4% ke 376.659 ton dari periode yang sama bulan sebelumnya sebesar 425.010 ton.

Sementara itu Indonesia sebagai produsen sawit terbesar di dunia mengumumkan akan mulai mengimplementasikan program B30 pada Januari tahun depan dan B40 di tahun 2021-2022.

Program B20 Malaysia yang rencananya dimulai tahun depan diperkirakan membutuhkan 1,6 juta ton minyak sawit sementara B30 di Indonesia diperkirakan membutuhkan 10 juta ton minyak sawit, melansir Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA (twg/twg)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
December 12, 2019 at 11:54AM
https://ift.tt/348JBhO

Sudah 2 Hari Turun, Harga CPO Sudah Ketinggian? - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sudah 2 Hari Turun, Harga CPO Sudah Ketinggian? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.