Search

3 Hari Naik 3% Lebih, Emas Bisa Capai US$ 1.600/oz Pekan ini? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas dunia melesat lebih dari 3% dalam dalam tiga hari perdagangan tahun 2020, hingga melampaui level tertinggi tahun lalu.

Pada pukul 20:40 WIB, harga emas melesat 1,44% ke level US$ 1.573,81/troy ons di pasar spot, melansir data Refinitiv. Dalam dua hari sebelumnya emas menguat 0,79% dan 1,48%, sehingga total dalam tiga hari emas menguat 3,7%.

Di tahun ini, setidaknya ada tiga institusi finansial ternama yang memprediksi harga emas dunia akan mencapai US$ 1.600/troy ons di tahun ini. Melihat posisi hari ini, target tersebut sudah dalam jangkauan emas, bahkan berpotensi dicapai dalam waktu dekat.

Jika melihat dari posisi saat ini, untuk mencapai target tersebut emas berjarak sekitar 1,66%. Melihat pergerakan tiga hari terakhir, peluang US$ 1.600/troy ons disentuh tentunya terbuka cukup besar. Apalagi melihat hubungan Amerika Serikat (AS) dan China yang sedang panas, di tengah potensi Perang Teluk jilid 2.

Potensi terjadinya perang di Timur Tengah yang melibatkan AS dengan Iran menjadi faktor utama yang membuat harga emas dunia melesat sejak awal perdagangan 2020.

Hubungan AS dengan Iran memanas setelah pada Jumat (3/1/2020) pesawat tanpa awak Paman Sam melancarkan serangan di Bandara Baghdad yang menewaskan Jenderal Quds Force, pasukan elite Iran, Qassim Soleimani bersama dengan wakil komandan milisi Irak yang didukung Iran atau yang dikenal dengan Popular Mobilization Forces (PMF).

Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengutuk keras tindakan AS. Dirinya menyatakan bahwa Iran tidak takut untuk membalas AS. "AS bertanggung jawab atas semua konsekuensi dari keputusan jahatnya," tegasnya melalui akun Twitter sebagaimana dikutip Reuters, Jumat (3/1/2019).

Sementara pada Sabtu (4/1/2020) waktu Washington, Presiden AS Donald Trump, melalui akun Twitter-nya memperingatkan Iran untuk tidak melakukan balasan atas tewasnya Jendral Soleimani. Jika peringatan tersebut tidak dihiraukan, Trump akan menyerang sebanyak 52 wilayah Iran sebagai balasan.

Kini pelaku pasar dibuat cemas akan kemungkinan terjadi perang yang lebih besar, seandainya Iran melancarkan serangan balasan. Akibatnya aset-aset aman (safe haven) seperti emas menjadi target investasi, harganya pun terbang kembali.

TIM RISET CNBC INDONESIA 

(pap/pap)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
January 06, 2020 at 09:27PM
https://ift.tt/2QP3yWl

3 Hari Naik 3% Lebih, Emas Bisa Capai US$ 1.600/oz Pekan ini? - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "3 Hari Naik 3% Lebih, Emas Bisa Capai US$ 1.600/oz Pekan ini? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.