Search

Hari Kedua Banjir Tahun Baru, Korban Meninggal 30 Orang - CNN Indonesia

Jakarta, CNN Indonesia -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat hingga Kamis (2/1) malam, setidaknya 30 orang telah menjadi korban meninggal akibat banjir yang terjadi disekitar wilayah Jabodetabek.

"Korban meninggal akibat terseret arus 17 jiwa, tertimbun tanah longsor 5 jiwa, tersengat listrik 5 jiwa dan Hipotermia 3 jiwa," kata Kapusdatin dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo melalui siaran pers, Kamis (2/1) malam.

Dalam hal ini, Agus menjelaskan bahwa korban meninggal terbanyak berada di Kabupaten Bogor yang mencapai 11 orang. Kemudian Jakarta Timur 7 orang Kota Bekasi dan Depok masing-masing 3 orang.


Sementara, untuk Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Kabupaten Bekasi, Kota Bogor dan Kota Tangerang terdapat 1 orang. Dalam hal ini, melalui siaran pers yang sama, disebutkan bahwa Kepala BMKG telah menyatakan bahwa hujan deras masih akan berlangsung hingga 10 Januari 2020. Untuk meminimalisir korban, Kepala BNPB Doni Monardo mengimbau agar warga yang wilayahnya masih terendam untuk segera mengungsikan dirinya.

Agus juga merincikan bahwa derasnya air tersebut telah membuat sekitar 62.453 orang warga DKI Jakarta mengungsi.  

"62.453 orang mengungsi di 308 titik pengungsian tersebar di 49 Kelurahan dan 34 Kecamatan Provinsi DKI Jakarta,"

Sebagai informasi, terdapat beberapa wilayah yang sulit untuk dievakuasi kemarin.

Diketahui, perahu untuk evakuasi diakui beberapa pihak masih terbatas. Di Bekasi misalnya, Pihak kepolisian Polres Metro Bekasi Kota mengatakan masih banyak warga yang belum bisa dievakuasi dari banjir di permukiman karena kurangnya jumlah perahu karet.

Sejumlah warga mengeluhkan kurangnya perahu karet di wilayah terdampak banjir di Kota Bekasi, seperti warga Perumahan Kemang Ifi Graha/Angkatan Laut Sinar Pondok Benda, Jatiasih, Kota Bekasi.

Warga perumahan tersebut, Gusti (27), kemarin Rabu (1/1), menyebut masih banyak warga, terutama lansia yang terjebak di dalam rumah akibat banjir di Jabodetabek. Ia pun meminta instansi terkait segera mengirimkan bantuan perahu karet.

Menurutnya, saat ini baru ada sekitar dua perahu karet milik RW setempat untuk mengevakuasi para warga yang bertahan di rumah masing-masing.

"Belum dapat bala bantuan, perahu karet stock-nya sedikit cuma satu atau dua, itu pun bukan dari Tim SAR," ujarnya.

Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Edy Sukamto pun mengakui hal itu. Edy mengaku sudah meminta bantuan perahu karet ke Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), namun masih tetap kurang untuk mengevakuasi para warga.

[Gambas:Video CNN] (mjo/age)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
January 02, 2020 at 10:29PM
https://ift.tt/2tl7l5M

Hari Kedua Banjir Tahun Baru, Korban Meninggal 30 Orang - CNN Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hari Kedua Banjir Tahun Baru, Korban Meninggal 30 Orang - CNN Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.