Search

Sedang Perkasa, Rupiah Bisa Tembus Rp 14.000/US$ Hari Ini? - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah sedang perkasa melawan dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (6/12/2019). Begitu perdagangan hari ini dibuka, Mata Uang Garuda langsung melesat ke Rp 14.010/US$, menguat 0,36% di pasar spot, melansir data Refinitiv.

Namun sayangnya titik tersebut menjadi yang terkuat hingga tengah hari ini, penguatan rupiah perlahan berkurang hingga sekarang tersisa 0,21%, di level Rp 14.030/US$.

Data dari dalam negeri mendukung penguatan rupiah sejak Kamis kemarin. Bank Indonesia (BI) Kamis kemarin melaporkan indeks keyakinan konsumen (IKK) November yang naik menjadi 124,2 dari bulan sebelumnya 118,4. Indeks di bulan November itu juga menjadi yang tertinggi dalam empat bulan terakhir.


Kenaikan IKK tersebut mengindikasikan adanya peningkatan optimisme terhadap kondisi ekonomi saat ini serta di masa mendatang. Ketika konsumen semakin optimistis, maka tingkat belanja bisa meningkat dan tentunya dapat mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sementara hari ini, BI melaporkan cadangan devisa per akhir November sebesar US$ 126,6 miliar atau turun tipis dari posisi Oktober yaitu US$ 126,7 miliar. Penurunan tersebut masih lebih baik dari prediksi Trading Economics sebesar US$ 126,3 miliar.

"Posisi cadangan devisa ini setara pembiayaan 7,5 bulan impor atau 7,2 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah, serta di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor. Bank Indonesia menilai cadangan devisa mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan," sebut keterangan tertulis BI yang diterbitkan hari ini.

Di sisi lain, dolar AS sedang tertekan jelang dirilisnya data tenaga kerja Paman Sam malam ini. Automatic Data Processing Inc. (ADP) pada Rabu malam melaporkan di sepanjang November perekonomian AS menyerap tenaga kerja (di luar sektor pertanian) hanya sebanyak 67.000 orang, jauh di bawah konsensus Dow Jones sebanyak 150.000 orang.

Sejak rilis data tersebut, dolar AS sebenarnya terus tertekan. Untuk diketahui data ini kerap dijadikan acuan rilis data tenaga kerja AS versi pemerintah (non-farm payroll) yang akan dirilis malam ini. Sementara, data tenaga kerja AS versi pemerintah merupakan salah satu acuan bank sentral AS (Federal Reserve/The Fed) dalam menetapkan suku bunga.

Jika data tenaga kerja AS yang dirilis nanti juga buruk, ada kemungkinan akan menggoyahkan sikap The Fed yang tidak akan menurunkan suku bunga lagi. Dolar pun tertekan. Selain itu perundingan dagang AS-China juga masih berada di jalur yang tepat. Presiden AS Donald Trump mengatakan perundingan berjalan dengan baik.

Sementara itu Juru Bicara Kementerian Perdagangan China, Gao Feng, mengatakan kedua negara masih mengadakan perundingan yang intensif. Ia menambahkan China percaya jika kedua negara meneken kesepakatan dagang, sejumlah bea masuk importasi harus diturunkan.

Sebelumnya Bloomberg mengabarkan kedua negara sedikit lagi setuju akan penghapusan sejumlah bea masuk, dan kesepakatan dagang fase satu bisa terjadi sebelum 15 Desember. Meski demikian, kabar terbaru mengatakan China masih belum setuju dengan jumlah produk pertanian AS yang harus dibeli untuk mencapai kesepakatan fase satu.

CNBC International, mengutip The Wall Street Journal, memberitakan kedua negara masih membahas seberapa besar produk pertanian AS yang harus dibeli China. Presiden AS Donald Trump meminta China membeli produk pertanian negerinya US$ 40 miliar-US$ 50 miliar, jauh lebih besar dari total pembelian Negeri Tiongkok tahun lalu US$ 8,6 miliar.

Meski demikian, pasar masih optimistis kesepakatan dagang bisa diteken sebelum 15 Desember, hal ini tercermin dari masih menghijaunya bursa Asia, yang juga menjadi sentimen positif bagi rupiah.

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
December 06, 2019 at 12:42PM
https://ift.tt/2qwypxQ

Sedang Perkasa, Rupiah Bisa Tembus Rp 14.000/US$ Hari Ini? - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Sedang Perkasa, Rupiah Bisa Tembus Rp 14.000/US$ Hari Ini? - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.