Search

Di DPR, Sri Mulyani & Erick Bahas Nasib Jiwasraya Hari Ini - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Hari ini, Senin (16/12/2019) Komisi XI DPR akan melakukan rapat kerja bersama dengan Kementerian Keuangan dan Kementrian BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Ketua Komisi XI DPR Dito Ganinduto mengatakan rapat kerja itu rencananya akan dihadiri langsung oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri BUMN Erick Thorir.

"Hari ini rencanya jam 14.00 raker [rapat kerja] dengan Menkeu dan Menteri BUMN. Kalau jadi tentang jiwasraya," ujar Dito kepada CNBC Indonesia, Senin (16/12/2019).


Kendati demikian, Dito belum bisa memastikan apakah rapat tersebut bakal dilakukan tertutup atau terbuka.

"Soal Jiwasraya, tergantung kalau Menkeu minta tertutup dan disepakati anggota, ya tertutup. Tapi kalau gak perlu [tertutup], ya terbuka," kata Dito melanjutkan.

Sebelumnya, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, ada lima investor yang sedang melakukan proses penawaran untuk mengambilalih anak perusahaan asuransi pleat merah tersebut.

"[Jiwasraya] Lagi proses. Mereka lagi lihat prosesnya...Ada 4-5 investor. 4 luar dari negeri dan 1 dalam negeri," kata Kartika, Jumat (13/12/2019).

Namun Kartika masih enggan mengungkapkan siapa saja investor yang tertarik masuk ke Jiwasraya tersebut.

Proses uji tuntas (due diligence) diharapkan bisa selesai Desember 2019. Lalu dilanjutkan proses penawaran pada Januari 2020.

Di sisi lain, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyampaikan memiliki beberapa skenario penyelamatan Jiwasraya yang juga dibahas bersama dengan beberapa otoritas terkait.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso mengatakan ada dua skenario menyelamatkan Jiwasraya yang diharapkan bisa mengatasi persoalan arus keuangan dan membayar klaim-klaim para nasabah yang jatuh tempo.

"Untuk membuat skenario bagaimana mengatasi cash flow [arus kas] untuk membayar semua klaim-klaim nasabah ini. Kita semua tahu, bahwa ini tidak mudah, tapi tetap ada skenario-skenario," tutur Wimboh di Hotel Mulia, Jakarta Selatan, Selasa (10/12/2019).

Wimboh memerinci, dua skenario tersebut yakni pertama, dalam jangka menengah, Jiwasraya sudah membentuk anak perusahaan, PT Jiwasraya Putra yang sudah diberikan konsesi untuk menangani (cover) asuransi-asuransi beberapa BUMN.

"Nah, Jiwasraya Putra ini akan menarik investor. Karena kan ini bisnisnya sudah ada sehingga dari hasil itu nanti bisa untuk men-top-up [menambah] cash flow. Itu yang pertama," tuturnya.

[Gambas:Video CNBC]


Anak usaha ini dibentuk hasil kerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Telkomsel.

Pembentukan anak usaha itu sudah mendapatkan izin dari OJK dan keempat perusahaan itu nantinya akan bertindak juga sebagai distributor dari produk-produk yang dijual oleh Jiwasraya Putra. (hps/hps)

Let's block ads! (Why?)



"hari" - Google Berita
December 16, 2019 at 08:29AM
https://ift.tt/34npX1Q

Di DPR, Sri Mulyani & Erick Bahas Nasib Jiwasraya Hari Ini - CNBC Indonesia
"hari" - Google Berita
https://ift.tt/30byRRZ

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Di DPR, Sri Mulyani & Erick Bahas Nasib Jiwasraya Hari Ini - CNBC Indonesia"

Post a Comment

Powered by Blogger.